Nuryakin Dilantik Jadi Pj Sekda Kalteng

  • Bagikan
DILANTIK- H Nuryakin dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekda Kalteng, yang sebelumnya berstatus Pelaksana Tugas (Plt) dan juga sempat dijabat oleh H Fahrizal Fitri.ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- H Nuryakin dilantik menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Tengah) oleh Gubernur Kalteng  H Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang, Palangka Raya, Kamis (22/7).

Jabatan itu sebelumnya berstatus Pelaksana Tugas (Plt), yang juga sempat diemban oleh H Fahrizal Fitri, mantan Plt Sekda Kalteng. Sayang, dalam perjalanannya, jabatan tersebut dicopot dan dimandatkan kepada H Nuryakin, yang kini berstatus Pj.

Pelantikan itu berdasar Keputusan Gubernur Kalteng No.188.44/265/2021 per 21 Juli 2021. Keputusan itu juga menindaklanjuti surat persetujuan Mendagri No.123/3894/SJ tertanggal 16 Juli 2021, perihal persetujuan pengangkatan dan pelantikan Pj Sekda Kalteng.

Selain itu, tertuang dalam Pasal 5 Ayat (1), Perpres No.3 Tahun 2018 tentang Pj Sekda yang menyebutkan, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, mengangkat penjabat Sekda provinsi untuk melaksanakan tugas Sekda provinsi, setelah mendapat persetujuan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri.

Terkait itu, Sugianto mengatakan, pelantikan H Nuryakin sebagai upaya mengisi kekosongan jabatan definitif Sekda Kalteng saat ini. Pihaknya menilai persoalan ini sangat penting mengingat jabatan tersebut memiliki tugas yang strategis.

“Misalnya, membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta pengoordinasian administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah hingga pelayanan administratif, sampai dengan pengangkatan Sekda definitif nantinya,” jelas Sugianto.

Pihaknya juga berharap dengan adanya pelantikan ini, jabatan tersebut bisa mengoptimalkan kinerja perangkat daerah dalam pelaksanan kegiatan serta program pembangunan.

H Nuryakin sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kalteng, dilantik menjadi Plt Sekda Kalteng. Dia menggantikan H Fahrizal Fitri yang dicopot secara mendadak dari jabatan tersebut pada 3 Juni 2021 lalu. Bahkan, Fahrizal mengakui tidak ada menyampaikan pemberhentian diri dari jabatan tersebut. Status Plt Sekda Kalteng akhirnya berganti menjadi Pj Sekda dan dijabat oleh H Nuryakin. drn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *