Wali Kota Siap Injak Rem

  • Bagikan
Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin

 *Palangka Raya Batasi Jam Operasional Sektor Usaha

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – erkembangan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah, terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran pada akhirnya kembali menerbitkan surat edaran tentang peningkatan upaya penanganan Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Dalam edaran tersebut, memuat beberapa poin esensial sebagai upaya strategis untuk menekan angka sebaran. Pembatasan pada sejumlah sektor dipertegas guna memaksimalkan upaya penanganan. Bagaimana dengan Kota Palangka Raya?

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin kepada Tabengan mengatakan jika pihaknya akan turut menerapkan edaran tersebut. Alasan utama pihaknya dengan sigap menerapkan edaran Gubernur Kalteng di wilayah Kota Cantik, adalah sebagai upaya menurunkan angka kasus positif Covid-19 yang juga turut mengalami peningkatan.

“Kita ikuti edaran tersebut. Status angka positif Covid-19 kita naik terus. Jangan sampai menimbulkan masalah jika kita tidak cepat bertindak, atau kita akan mengalami peningkatan kasus seperti yang saat ini tengah terjadi di Pulau Jawa,” kata Fairid, Jumat (2/7).

Salah satu hal yang akan diterapkan di Kota Palangka Raya, adalah pembatasan jam operasional pada sektor usaha. Sebagaimana yang ada dalam edaran tersebut, kegiatan sektor esensial seperti pelayanan publik maupun tempat pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat seprerti pasar, toko, swalayan, supermarket diberlakukan ketentuan dapat beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Kemudian untuk kegiatan di warung makan, rumah makan, restoran, kafe, pusat perbelanjaan, mall, pasar dan sebagainya diberlakukan ketentuan makan/minum di tempat maksimal 25 persen dari kapasitas, lalu pembatasan jam operasional sampai dengan pukul 20.00 WIB. Kemudian layanan pesan antar sesuai jam operasional restoran, dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Selama ini ekonomi tetap berjalan,tetapi ada kalanya harus di rem agar masyarakat bisa sadar dan tidak lupa jika Covid-19 ini masih belum berakhir,” tutur Fairid.

“Apabila angka kita naik, maka saya akan menginjak rem. Jangan mengambil resiko. Mohon di pahami oleh masyarakat, bahwa ada kalanya kita membuka sebesar-besarnya peluang ekonomi, ada kala nya kita rem ekonomi. Tergantung situasi dan kondisi. Kedepannya jika keadaan membaik, pasti akan kita maksimalkan lagi upaya pemulihan ekonomi,” katanya kembali menjelaskan.

Kemudian untuk kebijakan lainnya, seperti kegiatan ibadah, belajar mengajar hingga pengaturan keluar masuk wilayah kota setempat yang mewajibkan penggunaan surat negatif Covid-19 berupa hasil Swab-PCR ataupun Rapid Test Antigen akan diikuti secara berjenjang sesuai kewenangan dan koordinasi bersama pihak pemerintah provinsi.

“Pelaksanaan vaksinasi, pengetatan prokes, dan pembatasan adalah kunci agar pandemi ini lekas berakhir. Walaupun sudah divaksin, bukan berarti kita sdh terbebas,” tegasnya.

Selain itu, melalui Tim Satgas Covid-19 ditambahkan Fairid akan kembali memperketat pelaksanaan prokes. Pada titik-titik keramaian yang berpotensi terjadi pelanggaran prokes 5 M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas), apabila ditemukan pelanggaran maka akan diterapkan sanksi tegas sesuai Perwali 26/2020 dan Perwali 4/2021. Juga akan sesekali dilakukan Swab Test dan Rapid Antigen serta Vaksinasi acak kepada masyarakat.

“Cuma Pemko terus melakukan penguatan terhadap 3T (testing, tracing dan treatment) sesuai dengan standar yang ditetapkan, sehingga deteksi

penyebaran dan penanganan Covid-19 di dalam masyarakat semakin cepat dilakukan,” tukasnya.

Pemberlakuan edaran gubernur tersebut, diungkapkan Fairid akan diterapkan dalam waktu dekat. Tim Satgas Covid-19 kota dan kecamatan, hingga Polresta Palangka Raya mulai Jumat (2/7) malam akan melaksanakan sosialisasi pembatan jam operasional bagi pelaku usaha, setidaknya selama 2 hari. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *