Kotim Bersiap Antisipasi Lonjakan Covid-19

  • Bagikan
Bupati Kotim H Halikinnor

*Persiapkan Klinik Islamic Center dan Rekrut Relawan Kesehatan

SAMPIT/TABENGAN.COM-Mengantisipasi melonjaknya angka kasus dan jumlah pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mempersiapkan Klinik Islamic Center (KIC) untuk dibuka kembali.

Bupati Kotim H Halikinnor mengatakan, untuk melengkapi ketersediaan petugas kesehatan di tempat itu, pihaknya berencana akan merekrut tenaga relawan untuk mengisi tenaga kesehatan di KIC.

Selain berencana melakukan rekrut tenaga relawan, pihaknya juga akan menarik beberapa tenaga kesehatan yang berasal dari puskesmas atau pun dari Rumah Sakit Umum Daerah dr Murjani Sampit.

“Kita akan merekrut tenaga relawan nakes, bisa perawat atau pun bidan, untuk bertugas di tempat itu,” ujarnya saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di Posko Satgas Penanganan Covid-19, Jumat (2/7).

Diungkapkan Halikinnor, perekrutan tenaga relawan ini nantinya disesuaikan dengan kebutuhan. Para tenaga relawan ini juga akan mendapatkan insentif berupa gaji karena sudah mau membantu melakukan pelayanan di tempat itu.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan, saat ini KIC sudah mulai dibuka, namun belum menerima pasien. Hal itu dikarenakan kondisi rumah sakit khusus untuk ruang isolasi masih ada bed yang kosong. Baru-baru ini telah dilakukan penambahan 32 bed. Dari yang semula sebanyak 96 menjadi 128 bed.

“KIC dibuka untuk antisipasi ruang di rumah sakit penuh. Sudah kita siapkan untuk di KIC seperti listrik, obat-obatan dan juga tenaga kesehatannya, sehingga kita sudah siap,” terangnya.

Umar Kaderi menambahkan, kalau di KIC jumlah bed yang disediakan sebanyak 78. Pihaknya berharap kasus ini dapat segera turun, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat pada masyarakat. c-may

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *