TIDAK MENGUNTUNGKAN – 10 Kelompok Tani Kecewa Koperasi CPL

  • Whatsapp
TANDA TANGAN- Tampak 10 Ketua Kelompok Tani Perkebunan Plasma Tosah Mandiri membubuhkan tanda tangan keluar dari Koperasi Citra Pribumi Lestari (CPL). TABENGAN/YULIANSYAH
iklan atas

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM- Karena tidak ada kontribusi atau keuntungan yang diberikan oleh koperasi induk, yaitu Koperasi Plasma Citra Pribumi Lestari (CPL) selama ini bergabung, 10 kelompok tani perkebunan plasma dari Koperasi Tosah Mandiri ancam keluar dan membentuk koperasi baru.

Mereka kecewa, sebab sejak berdirinya Koperasi CPL tersebut jangankan untuk mendapatkan keuntungan, dalam setiap kegiatan rapat tahunan saja tidak pernah sama sekali dilibatkan.

Hal itu diungkapkan Hadrani,  Wardiono S,  Alpian, Mudi, Ariansyah, Sulan, Aguson, Dadir, Kelaryawanto dan Tutie saat dijumpai Tabengan melakukan koordinasi dengan Batu Panahan, Plt Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Kapuas, yang didampingi Kabid Koperasi H Rustam, terkait rencana pembentukan koperasi baru  di aula kantor setempat, Rabu (16/6) siang.

“Pada dasarnya kami sudah tidak percaya dengan kepengurusan Koperasi CPL yang diketuai saudara Rompung, karena selama berdiri sejak 2012 lalu tidak pernah sekalipun memberikan kontribusi kepada kami selaku anggota. Maksud kedatangan kami ke sini adalah untuk berkordinasi terkait bagaimana dan apakah bisa kami membentuk koperasi baru di wilayah lokasi yang sama,” kata Hadrani, mewakili 9 ketua kelompok tani lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindagkop Kapuas Batu Panahan membenarkan terkait keinginan 10 Ketua Kelompok Tani Perkebunan Plasma Tosah Mandiri ingin membentuk koperasi baru.

“Pada dasarnya sesuai jumlah anggota sebagaimana syarat 250 orang, untuk jumlah mereka malah melampaui 275 orang. Ini sah-sah saja dan bisa disetujui kalau memang berkeiginan untuk pembentukan koperasi baru,” kata Batu Panahan. c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas