Reposisi Ketua Komisi Diwarnai Walk Out

  • Bagikan
WALK OUT - Fraksi Gerindra di DPRD Kotim yang digawangi Ary Dewar ketika walk out pada rapat reposisi di Komisi IV DPRD Kotim, Senin (14/6/2021). TABENGAN/MAYA SELVIANI

*Meski ada reposisi, Fraksi PAN menyatakan solid.

SAMPIT/TABENGAN.COM – Reposisi Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) yang berasal dari Fraksi PAN, diwarnai aksi walk out (keluar) oleh sejumlah anggota DPRD Kotim yang berasal dari Fraksi Gerindra, Senin (14/6/2021).

Kelima orang anggota DPRD Kotim dari Fraksi Gerindra, yakni Ary Dewar, Sutikno, Sanidin, Juliansyah dan Rusmawati melakukan aksi walk out karena tidak puas dengan kebijakan pimpinan sidang mengenai tata tertib perubahan posisi ketua komisi yang menurut mereka tidak sesuai pedoman tata tertib.

Saat itu pimpinan sidang yang diketuai oleh Ketua DPRD Kotim Rinie membacakan surat dari pimpinan Fraksi PAN tentang perubahan di Fraksi PAN di DPRD Kotim periode 2019-2024. Posisi Dadang Siswanto yang awalnya menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kotim pindah menjadi anggota Komisi III DPRD. Sementara jabatan Ketua Komisi IV DPRD Kotim diduduki oleh Iwan Kurniawan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Komisi IV DPRD Kotim. Kemudian H Benyamin yang semula menjabat sebagai anggota Komisi III DPRD Kotim reposisi menjadi anggota Komisi IV DPRD Kotim.

“Fraksi Gerindra tidak ikut campur dengan reposisi ini. Hanya saja jika mengacu pada pedoman tata tertib, maka tidak sesuai. Mengapa dipaksakan di pertengahan tahun, bukan dilakukan di saat awal tahun,” ujar Ary Dewar, saat rapat reposisi Fraksi PAN di Gedung DPRD Kotim.

Ditegaskan Ary, pihaknya bukan tidak menyepakati adanya reposisi tersebut, namun pihaknya merasa pedoman tata tertib tidak dijalankan dengan baik, sehingga pihaknya memilih untuk mengambil langkah walk out.

Sementara itu, Dadang Siswanto sendiri sudah mengungkapkan rasa legowonya karena reposisi dirinya dari jabatan Ketua Komisi IV saat menyampaikan hasil reses Dapil II pada rapat paripurna. Dirinya berterima kasih dengan rekan kerjanya di Komisi IV karena sudah dapat bekerja sama dengan baik.

Wakil Ketua DPRD Kotim Hairis Salamad juga menyampaikan, bahwa reposisi yang dilakukan dalam Fraksi PAN merupakan hal yang biasa dilakukan untuk penyegaran dalam tubuh fraksi. Ia juga menyatakan bahwa tim dari Fraksi PAN tetap solid, meskipun terjadi reposisi.

Kemudian Ketua DPRD Kotim Rinie menambahkan, bahwa dirinya berharap pergantian ketua komisi tersebut dapat membuat kinerja anggota komisi lebih baik lagi, sesuai tugas pokok dan fungsinya, terutama untuk masyarakat. c-may

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *