Tertinggi Se-Kalteng, 5.970 Lansia di Kobar Sudah Divaksin

  • Bagikan
Achmad Rois

PANGKALAN BUN/TABENGAN.COM– Sebanyak 5.970 lanjut usia (lansia) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah divaksin Sinovac. Dari angka capaian tersebut, Kobar tertinggi se-Kalimantan Tengah (Kalteng). Hingga akhir Juni 2021, ditargetkan 60 persen lansia telah divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois menjelaskan, masyarakat dari golongan lansia berjumlah 15.864 orang. Dari jumlah itu baru 37,66 persen yang telah divaksin.

“Lansia menjadi sasaran utama, karena lansia memiliki risiko tertinggi, sehingga saat ini kami terus gencar melakukan gerakan vaksinasi terhadap lansia. Untuk Kalteng, 5.970 itu angka  tertinggi, kami terus gencar mencapai sasaran,” kata Achmad Rois, Senin (14/6/2021).

Menurut Achmad Rois, jika semua lansia telah divaksin, maka selanjutnya tinggal menyasar pada masyarakat umum. Kegiatan vaksin ini dilakukan juga hingga desa-desa terpencil.

“Kami jemput bola agar semua sasaran bisa mendapatkan vaksin. Untuk di desa-desa, kegiatan vaksin ada yang dilakukan di aula, bahkan petugas pun baik dari aparat desa yang dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas, mendekati sasaran vaksin, kami mobile,” jelasnya.

Mengenai ketersediaan vaksin, lanjut Achmad Rois, dari Pemprov Kalteng tidak membatasi, berapa pun yang dibutuhkan akan dikirim.

Achmad Rois mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kobar terus mengalami peningkatan. Cara yang efektif agar terhindar dari penyebaran virus Corona, tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Vaksin sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19, bagi masyarakat yang telah menerima vaksin, jangan lalai dengan protokol kesehatan, terutama masker, jangan abaikan itu,” imbaunya. c-uli

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *