Lagi, Ditemukan 6 Positif di Kafe

  • Bagikan
DETEKSI DINI -Pemeriksaan dan pengambilan sampel minggu lalu. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COMРTim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya kembali melaksanakan operasi yustisi dan pengawasan ketaatan protokol kesehatan (prokes) pada sektor usaha kafe, baru-baru ini. Sejumlah kafe padat pengunjung, menjadi sasaran Tim Satgas.

Selain melakukan operasi yustisi dan edukasi prokes, juga dilakukan swab PCR kepada seluruh pengunjung dan karyawan kafe. Setidaknya ada 73 orang yang diambil sampelnya, guna mendeteksi adanya sebaran virus Corona di tengah-tengah masyarakat.

“Hasil running uji laboratorium dari tim kesehatan di RSUD Kota Palangka Raya, ternyata ada 6 orang yang positif. Lima pengunjung dan 1 orang pegawainya,” ujar Emi Abriyani, Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Sabtu (12/6).

Menurut Emi, saat ini ke-6 orang yang positif itu telah menjalani perawatan di Rumas Sakit Perluasan Hotel Batu Suli guna mendapatkan tindakan lebih lanjut. Tim tracing pun telah melakukan penelusuran terhadap kontak erat pasien, melihat sejauh mana pihaknya bisa melacak dan memutus mata rantai sebaran Covid-19.

“Sedangkan untuk kafe, segera kami lakukan penyemprotan disinfektan agar bisa clean and clear dari virus Covid-19,” ungkapnya.

Untuk itu, Emi kembali mengingatkan masyarakat khususnya anak-anak muda yang sering nongkrong di kafe dan tempat keramaian lainnya selalu waspada dan taat prokes 3 M. Sejauh ini mereka yang dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti swab PCR dan rapid test antigen acak, selain karena memiliki riwayat perjalanan keluar kota, juga termasuk dalam pihak orang tanpa gejala (OTG).

“Mereka ini memang tidak merasakan secara langsung efek samping virus tersebut pada tubuh mereka. Mayoritas tak bergejala. Namun, karena masih muda, imun tubuhnya kuat. Ini yang harus diperhatikan kembali, agar anak-anak muda tidak lengah dan terus disiplin menerapkan prokes 3 M dan mengurangi aktivitas di luar rumah jika tak diperlukan,” imbuhnya. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *