Baznas dan Kodim 1016 Bedah Rumah Ustaz

23

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Palangka Raya bersama Kodim 1016/Plk melakukan kegiatan kemanusiaan berupa bedah rumah bagi warga tidak mampu, Senin (26/2).

Dalam hal ini, Mursalinan Marzuki (52), warga Jalan Marina Permai III menjadi orang yang beruntung dengan dibangunkannya dapur rumah dan sanitasi berupa jamban.

Kegiatan yang kedua kalinya dilakukan di Februari ini oleh Baznas Kota untuk menyalurkan dana zakat yang telah terkumpul. Karena, anggaran yang ada hanya untuk material pembangunan, Baznas merangkul pihak Kodim sebagai tenaga pembangun.

“Kita hanya menyampaikan amanah dari warga yang membayar zakat. Pertama kita mencari data warga kurang mampu dari Dinas Sosial. Akhirnya kita dapat rumah ini (milik Marzuki). Beliau kesehariannya sebagai pengajar ngaji. Setelah itu baru tahap pembangunan. Kita rangkul Kodim, untuk membantu tenaga tukang,” kata Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Supriyanto.

Sedangkan, Dandim 1016/Plk Letkol Czi Chandra Adibrata mengungkapkan, dalam pembangunan dapur tersebut pihaknya melibatkan delapan anggota. Diperkirakan untuk membangun dapur tersebut pihaknya membutuhkan waktu satu minggu.

“Ini merupakan kegiatan kemanusiaan bersama Baznas. Kita harapkan kegiatan ini akan terus dilakukan. Kodim siap membantu untuk tenaganya,” ungkap Chandra.

Candra menambahkan, selain melibatkan personel dalam pembangunan bedah rumah, pihaknya juga memiliki program Jambanisasi bagi warga yang membutuhkan. Setidaknya ada 430 jamban yang disiapkan untuk warga.

“Kita menyisipkan program jambanisasi dalam pembangunan dapur ini. Program Jambanisasi dari Mabes TNI ini dikhususkan bagi warga yang sebetulnya tinggal di pinggiran daerah aliran sungai,” ucapnya.

Meski demikian, bagi warga yang belum memiliki jamban juga bisa ikut program dengan melaporkannya ke Babinsa maupun Koramil terdekat.

“Sejauh ini sudah ada 23 jamban yang kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya. fwa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here