Program Food Estate Singkong Harus Libatkan Masyarakat Lokal

  • Whatsapp
Sengkon,Anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA)
iklan atas

DPRD PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mendesak agar program Food Estate singkong yang dicanangkan Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan-RI), di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melibatkan masyarakat lokal.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA), Sengkon, saat dibincangi Tabengan di gedung dewan, Selasa (8/6/2021). Menurutnya, pelibatan masyarakat lokal dalam program Food Estate merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memaksimalkan pengembangan komoditi yang dicanangkan.

“Idealnya, dalam program Food Estate dengan komoditi singkong, masyarakat lokal setempat juga harus dilibatkan. Karena, harapannya melalui program strategis nasional ini, perekonomian masyarakat lokal pun juga bisa turut meningkat,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Kabupaten Katingan, Gumas dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, Komisi II DPRD Kalteng belum lama ini telah melakukan kunjungan dan pertemuan, bersama Pemerintah Kabupaten Gumas. Dimana, dalam pertemuan tersebut ada beberapa usulan yang menjadi aspirasi masyarakat setempat. Salah satunya, usulan untuk bisa melibatkan masyarakat lokal, dalam program Food Estate di wilayah itu.

“Usulan ini datang dari pemerintah setempat, yang mana mereka berharap agar pemerintah juga bisa melibatkan masyarakat lokal, dalam program tersebut. Saat ini, upaya dari pemerintah setempat, sedang mempersiapkan proposal usulan, agar apa yang menjadi harapan masyarakat lokal dapat diakomodir pemerintah pusat,” ujarnya.

Pelibatan masyarakat lokal dalam program Food Estate singkong nantinya bisa ditindaklanjuti dalam berbagai hal. Seperti adanya kelompok-kelompok tani maupun berbentuk koperasi. Kendati demikian, harapannya masyarakat lokal di sekitar area lokasi pengembangan program itu, juga bisa merasakan manfaat langsung dari program tersebut. Terlebih lagi, melalui program ini bisa memberikan kontribusi positif pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami, tentunya sangat mendukung adanya program Food Estate tersebut. Karena, tujuan dan maksudnya sangatlah baik, untuk suksesi program Food Estate di Kalteng yang menjadikan Kalteng sebagai lumbung pangan nasional, sekaligus pula mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat lokal untuk semakin sejahtera,” pungkas politisi dari Partai Perindo ini. TIM

iklan atas

Pos terkait

iklan atas