Pembangunan Jalan ke Desa Dambung Dipercepat

  • Bagikan
INFRASTRUKTUR- Pengerjaan jalan menuju Desa Dambung sedang dikerjakan oleh Dinas PUPR Bartim melalui program Karya Bakti TNI AD.ISTIMEWA

TAMIANG LAYANG/TABENGAN.COM– Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah  mengucurkan dana Rp1 miliar lebih untuk peningkatan jalan infrastruktur menuju Desa Dambung, Kecamatan Dusun Tengah.

“Saat ini pembangunan tengah berlangsung melalui program Karya Bakti TNI AD dan targetnya 10 hari ke depan harus rampung,” kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Selasa (8/6).

Ampera menerangkan, pembukaan jalan tersebut memang khusus difokuskan untuk membuka akses jalan ke Desa Dambung agar warga masyarakat lebih mudah berurusan ke Ampah, Kecamatan Dusun Tengah.

“Perbaikan atau peningkatan jalan antar desa ini progresnya  dimulai dari  Desa Sumber Garunggung menuju Desa Dambung, dengan jarak sekitar 40 kilometer,” ujar Ampera.

Dia menambahkan, untuk jembatan penghubung menuju Desa Dambung sudah selesai tahun ini melalui anggaran desa, sehingga daerah fokus untuk perbaikan jalan.

Diketahui, Desa Dambung merupakan wilayah Kabupaten Bartim berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel, yang saat ini masih berpolemik terkait tata batas. Karena Pemkab Bartim belum terima dengan keputusan Permendagri No 39 dan 40/ 2018.

Tentu persoalan tata batas sesuai dengan Permendagri yang disebutkan bersinggungan dengan Kabupaten Bartim dan Kabupaten Tabalong, Kalsel. Hal tersebut mengakibatkan wilayah Kabupaten Bartim banyak berkurang. Desa Dambung yang semula di Kecamatan Dusun Tengah, dikeluarkan dan masuk wilayah Tabalong meskipun ada satu RT wilayah tetangga tersebut masuk wilayah Bartim. c-yus

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *