Gerakan Sembako Buku di Hari Lahir Pancasila

  • Bagikan
BERBAGI BUKU- Duta Baca Indonesia 2021-2025 Gol A Gong, pihak Euroweek Indonesia Fenisya Veronica dan jajaran lainnya, ketika berbagi buku dalam program sembako buku memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Banyak cara memaknai Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Tidak hanya sekadar seremoni, namun bisa dengan berbagi bersama ataupun kegiatan positif lainnya. Seperti yang dilakukan beberapa penggiat media sosial, komunitas serta Dinas Perpustakaan Kalteng dan Kota Palangka Raya.

Sebanyak 10 akun penggiat medsos yang sudah besar dan ternama di Kalteng, 10 komunitas, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng dan Palangka Raya serta sejumlah personel relawan ikut ambil bagian dalam momen tersebut. Mereka menamakan gerakan itu dengan sebutan Sembako Buku.

Aksi ini dapat dikatakan cukup unik, bahkan bermanfaat positif bagi khalayak umum, khususnya mereka yang membutuhkan. Berbagi sejumlah buku dengan anak-anak maupun masyarakat yang dinilai belum mampu, dilakukan di beberapa titik atau tempat di Kota Palangka Raya.

Duta Baca Indonesia 2021-2025 Gol A Gong menuturkan, peringatan Hari Lahir Pancasila ini bisa menjadi momentum masyarakat untuk bersama membangun kembali rasa kebersamaan dan persatuan. Bisa dikatakan di hari ini akan sangat menarik, apabila menjadi momen berbagi buku Pancasila, sebagai simbol persatuan, bahkan segala yang didambakan ada di kelima sila tersebut. Melalui berbagi buku itu, bisa dikatakan sebagai pintu masuk menuju cita-cita para perintis di negeri ini.

“Kita juga mengajak semua masyarakat menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan para perumus dasar negara dengan cara membagikan buku,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya dapat menyumbangkan satu atau beberapa buku masyarakat, terutama mereka yang belum memiliki kemampuan, yang nantinya didokumentasikan dan diunggah di akun medsos masing-masing. Namun, salah satu yang paling penting, gerakan ini sebagai upaya bersama agar budaya membaca di Indonesia menjadi semakin meningkat.

Sementara itu, Glory Kriswantara, Duta Baca Daerah Kalteng 2020 mengharapkan kegiatan itu dapat memberikan dampak yang positif untuk semua.

“Mari bersama-sama kita maju serempak, bergerak dan berdampak untuk memajukan literasi, khususnya di Kalteng,” ujarnya.

Maka, seluruh partisipan relawan dalam gerakan ini beramai-ramai mengunggah foto di medsos pribadi dengan menyelipkan tagar seperti #HariPancasila #SembakoBuku #DutaBacaIndonesia #SembakoBukuKalteng #KaltengMembaca, sebagai bentuk dukungan terselenggaranya kegiatan ini. drn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *