Air Pasang Naik, Desa Mantaren I Kembali Kebanjiran

  • Whatsapp
iklan atas

PULANG PISAU/TABENGAN.COM – Air pasang tinggi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan, Desa Mantaren 1, Kecamatan Kahayan Hilir kembali meluap hingga ke pemukiman penduduk. Tingginya debit air, membuat sejumlah Jalan Pemukiman menjadi terendam, bahkan rumah-rumah warga yang berada di pinggiran sungai menjadi terendam.

Warga Mantaren 1, Jalan Ilon Rt 03 Ambransyah, Senin (31/5/2021) mengatakan, di Desanya sejak awal tahun 2021 hingga akhir Mei 2021 ini lebih kurang 3-4 kali mengalami kebanjiran atau naiknya air sungai ke pemukiman penduduk, hal ini menurutnya sudah semestinya mendapat perhatian dari Pemerintah setempat, karena menurutnya kondisi tersebut sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun kini debit air pasang kian meningkat dan sudah sampai masuk ke rumah warga.

“Semakin sering pak air pasang naik, dari awal tahun sampai sekarang ini sudah lebih kurang empat kali air pasang naik. Jauh dari sebelumnya, air makin tinggi dan sampai ke dapur naiknya,” beber Ambran seraya berharap Pemerintah setempat dapat menyikapi keluhan masyarakat.

Dia berharap, agat ada solusi terbaik, terutama beberapa saluran irigasi yang cukup banyak tersumbat, parit-parit yang dangkal jika Sungai Kahayan naik masuk ke perkampungan masyarakat perlu di normalisasikan termasuk beberapa saluran pembuangan air yang banyak tertutup oleh masyarakat setempat agar dapat segera di kembalikan fungsinya.

“Perlu adanya pembersihan saluran, termasuk saluran irigasi yang banyak tertutup agar segera di perbaiki, dan juga dangkalnya beberapa parit perlu di normalkan kembali,” pintanya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Kahayan Hilir Osa Maliki mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan di lokasi langganan banjir termasuk akan melihat secara langsung baik saluran irigasi, parit dan lainnya.

“Kita akan meninjau langsung nanti pak, sebab hari ini baru saja saya serah terima jabatan Camat, dan Insya Allah Rabu depan kita akan kelokasi,” bebernya.

Lanjut Camat, jika nantinya daerah-daerah di pinggiran sungai itu bagaiman, apakah perlu dilakukan nirmalisasi beberapa saluran dan lainnya, maka pihaknya akan mengusulkan kepada Dinas atau Instansi teknis akan saluran, baik itu irigasi, parit dan lainnya dapat segera ditindaklanjuti. c-mye

////////////////////

KETERANGAN PHOTO :

1. Nampak kondisi Desa Mantaren 1 yang menjadi langganan banjir.

iklan atas

Pos terkait

iklan atas