Waspada, Klaster Libur Lebaran Mulai Terlihat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr H Suyuti Syamsul
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Kasus penularan virus Corona di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih naik turun. Bahkan, diprediksi kasus positif akan terus meningkat dalam 2 pekan ke depan. Masyarakat diminta tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul menyatakan, sudah mengirim kurang lebih 20 ribu alat tes antigen. Sebagian digunakan untuk melakukan tes di tempat masuk daerah perbatasan, sehingga jangan kaget 2 minggu ke depan akan ada kenaikan kasus secara signifikan karena akan melakukan testing massal. Yang positif dikarantina. Setelah itu kasus akan kembali menurun drastis.

“Minggu ini terjadi peningkatan kembali, mungkin karena efek liburan Lebaran, sehingga terjadi interaksi yang sedemikian tinggi, angka kasusnya cenderung naik. Kenaikannya karena pasca-Lebaran, kemudian tes acak di tempat masuk itu kan cukup banyak juga dapat, maka positif rate-nya akan tinggi,” kata Suyuti, Jumat (28/5/2021).

Namun, lanjut Suyuti, patut disyukuri angka kematian di Kalteng menurun di minggu ke-64 ini dibandingkan dengan minggu ke-63 dan sebelumnya. Terjadi penurunan 32 persen kematian. Angka kesembuhan juga cukup tinggi di atas 72 persen, sementara kasus aktif sekitar 4,7 persen.

Sementara itu, angka penularan di Kalteng ini sudah komunitas, tidak tahu lagi siapa yang bawa virus dan siapa yang terpapar virus. Sekarang semua orang hampir terpapar Covid. Masyarakat diminta jalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik dan benar, pembatasan akses keluar masuk Kalteng serta keharusan menggunakan tes PCR bagi yang masuk Kalteng. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas