400 Titik PJU-TS di Kalteng Menuju Visi Indonesia Terang

  • Whatsapp
ISTIMEWA INDONESIA TERANG  - Anggota DPR – RI, Willy Midel Yoseph yang bekerja sama dengan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM menggelar peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS)  di Desa Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan, Senin (24/5) lalu
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Anggota DPR – RI, Willy Midel Yoseph yang bekerja sama dengan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM menggelar peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS)  di Desa Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (24/5) lalu.

Dalam sambutan tepatnya saat peresmian tersebut, Willy mengungkapkan pelaksanaan program ini berdasarkan aspirasi masyarakat yang ditampung dan disalurkan oleh anggota DPR RI kepada pemerintah, melalui Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM.

“Kita berharap, masyarakat pedalaman juga dapat merasakan keadilan dan menikmati listrik,” kata mantan Bupati 2 periode Murung Raya (Mura) tersebut.

Politisi senior PDI Perjuangan Kalteng ini menjelaskan, pada tahun 2020-2021, ada sebanyak 400 titik PJU-TS tersebar di Kalteng.

“Masing-masing berada di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) sebanyak 100 titik, Murung Raya 100 titik, Gunung Mas 100 titik, dan di Katingan 100 titik yang tersebar di 13 desa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Willy kembali menerangkan, PJU-TS merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting bagi masyarakat di Bumi Tambun Bungai, mengingat masih banyak desa dan wilayah yang belum teraliri jaringan listrik.

“Saat ini terdapat 1.571 desa maupun kelurahan di Kalteng dan Sebanyak 370 desa belum berlistrik, sementara 123 desa masih menggunakan jaringan listrik swadaya,” bebernya.

Lebih lanjut, Legislator yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng dan tergabung dalam Komisi VII DPR RI, yang membidangi energi, kembali menambahkan masih ada 493 desa maupun kelurahan yang belum teraliri listrik PLN.

“Desa yang belum teraliri listrik dari PLN pada tahun 2021-2022 rencana akan mendapat 350 titik PJU-TS. Sebagai wakil rakyat, yang kini konsen di masalah energi, kami terus berjuang untuk aspirasi masyarakat Kalteng, sesuai dengan visi dan misi Indonesia Terang yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo,” tukasnya.

Dalam peresmian PJU-TS tersebut turut dihadiri oleh Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Unit Induk PLN Wilayah Kalselteng, Bupati Katingan Sakarias, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, dan para kepala desa penerima PJU-TS, serta tokoh masyarakat setempat.

Untuk diketahui, di Tahun 2021ini akan ada 350 titik lagi yang akan disebar di 6 Kabupaten, program ini merupakan dana aspirasi anggota DPR RI tersebut. ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas