WOW KEREN, UPR Peringkat Pertama Pilihan Calon Mahasiswa Jalur SMMPTN Barat

  • Whatsapp
PERINGKAT PERTAMA - Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., Saat menunjukan nama UPR yang masuk dalam peringkat pertama penerimaan SMMPTN – Barat. (Tabengan, Novan)
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE., M.Si, melalui Wakil Rektor bidang akademik Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., menegaskan bahwa civitas akademika UPR secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) – Barat dengan kuota 1.051 peserta.

“Ada 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam SMMPTN – Barat atau jalur mandiri dan UPR saat ini berada di posisi pertama, berdasarkan data yang kita pantau melalui sistem daring. Untuk UPR sendiri menyiapkan kuota penerimaan sebanyak 1.051 peserta,” ucap Prof. Salampak, saat dikonfirmasi Tabengan di gedung Rektorat UPR, jalan Hendrik Timang, Kamis (20/5/2021).

Dalam sistem penerimaan, ada 3 jalur yang diterapkan untuk calon mahasiswa PTN di Indonesia melalui seleksi bersama. Diantaranya yaitu jalur undangan atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilaksanakan melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur SMMPTN – Barat.

“Penerimaan yang dibuka untuk calon mahasiswa awalnya terbagi menjadi 3 jalur. Yaitu jalur SBMPTN, SNMPTN dan SMMPTN – Barat. Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan SMMPTN, pendaftaran dimulai sejak 17 Mei hingga 21 Juni 2021, pukul 16.00 Wib. Kemudian pelaksanaan UTBK tanggal 28 Juni hingga 7 Juli 2021 dan pengumuman pada tanggal 14 Juli 2021,” ujarnya.

Dijelaskan Prof. Salampak, bahwa Prodi yang ikut sebanyak 338 Prodi Saintek dan 237 Prodi Soshum, kemudian kuota yang diterima dalam proses pendaftaran adalah 7.601 untuk prodi Saintek dan 6.899 untuk Prodi Soshum. Terkhusus untuk UPR, terdapat 41 Prodi dengan kuota 1.051 peserta.

“Untuk UPR terdapat 41 Prodi dengan kuota 1.051 peserta, melalui metode ujian menggunakan sistem UTBK SBMPTN yaitu Computer Assisted Test (CAT). Sedangkan untuk jenis ujian SMMPTN terbagi menjadi 2, yaitu kelompok Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek, berupa Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. kemudian kelompok ujian Soshum dengan materi uji TPS dan TKA Soshum, berupa Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi,” tandasnya

Untuk pendaftaran, para calon mahasiswa bisa mengakses langsung melalui Website SMMPTN – Barat,  yaitu pendaftaran.smmptnbarat.id dengan mengikuti sejumlah intruksi yang tertera pada website tersebut. nvd

iklan atas

Pos terkait

iklan atas