BURSA CALON KETUA DAD KALTENG- Dagut: Lanjutkan Program Warisan Almarhum Sabran Achmad

  • Bagikan
Dagut H Djunas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Bursa calon kandidat Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah (DAD Kalteng) terus bermunculan, menyusul akan berakhirnya kepengurusan DAD Kalteng di bawah kepemimpinan Agustiar Sabran.

Berakhirnya kepengurusan ini, membuat DAD Kalteng akan melakukan musyawarah untuk membentuk kepengurusan yang baru, khususnya pemilihan Ketua DAD Kalteng untuk periode berikutnya.

Salah satu kandidat calon Ketua DAD Kalteng adalah Wakil Bendahara Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Dagut H Djunas.

Kepada Tabengan, Tokoh Dayak Kalteng menyatakan akan ambil bagian dalam pemilihan Ketua DAD Kalteng yang baru.

Dagut mengaku telah mendapatkan dukungan yang cukup besar pula untuk maju sebagai Ketua DAD Kalteng. Berbagai pertemuan dengan sejumlah tokoh, para tokoh menyampaikan secara langsung dukungan agar maju dalam pemilihan Ketua DAD Kalteng nantinya. Perlu pertimbangan yang matang untuk dapat maju sebagai Ketua DAD Kalteng.

“Saya dihubungi secara langsung oleh beberapa tokoh Dayak di Kalteng, yang intinya meminta untuk maju sebagai Ketua DAD Kalteng. Tujuan maju sebagai Ketua DAD Kalteng ini, tidak lain dan tidak bukan semata untuk masyarakat Dayak. Masyarakat Dayak harus mendapatkan hak dan perlindungannya di atas tanahnya sendiri,” kata Dagut.

Dagut mengatakan, program yang coba dilanjutkan apabila memimpin DAD Kalteng adalah memperjuangkan program Dayak Misik. Program warisan almarhum Sabran Achmad ini adalah bukti nyata masyarakat Dayak terlindungi di tanahnya. Tidak itu saja, mewujudkan  sumber daya alam yang melimpah menjadi sumber kehidupan masyarakat adat dayak.

Mewujudkan sumber daya manusia masyarakat adat Dayak yang mampu bersaing ditingkat nasional maupun pada tingkat internasional. Mengangkat harkat dan martabat masyarakat adat Dayak dengan menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni budaya, pusaka dan situs-situs warisan leluhur Dayak.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *