LAKA BUS – Korban Tewas Tak Terdaftar di Manifest Damri

  • Bagikan
LAKALANTAS  - Data manifest penumpang yang diberikan pihak Damri, berbeda jauh dari data penumpang hasil pendataan di lapangan. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Sejumlah kendala ditemui penyidik Unit Laka Satlantas Polresta Palangka Raya dalam upaya identifikasi penumpang kecelakaan Bus Damri di Jalan Mahir Mahar. Data manifest penumpang yang diberikan pihak Damri, ternyata berbeda jauh dari data penumpang hasil pendataan di lapangan.

Anehnya, korban meninggal dunia bernama Deviana Tresia Sale, justru tidak terdaftar di manifest resmi yang diberikan pihak Damri kepada Satlantas Polresta Palangka Raya.

Perbedaan data manifest membuat penyidik harus kembali mendata ulang jumlah penumpang yang masuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Pasca-kecelakaan yang terjadi pada pagi hari, data penumpang lengkap berhasil didapatkan sekitar pukul 16.00 WIB.

Kasat Lantas AKP Rikky Operiady mengeluhkan tidak lengkapnya data manifest penumpang tersebut yang membuat penyidik kebingungan dalam upaya identifikasi. Pasalnya, dalam manifest yang diberikan, nama penumpang bisa ada empat orang yang sama. Sedangkan di lapangan pasca-kejadian sangat jauh berbeda.

“Dalam manifest yang kita terima banyak sekali nama yang rangkap, bisa ada dua, tiga hingga empat dengan nama yang sama. Sementara untuk korban meninggal saja tidak terdaftar di manifest. Ini sangat menjadi kendala bagi kami untuk melakukan identifikasi korban,” ungkapnya.

Secara administrasi, lanjutnya, kejadian tersebut sangat bisa memengaruhi, karena penumpang yang tidak terdaftar di manifest bisa saja dianggap sebagai penumpang gelap dan mengakibatkan tidak bisanya diberikan santunan dari Jasa Raharja.
“Ini tentunya menjadi pelajaran bagi perusahaan bus penumpang, agar memerhatikan betul mengenai manifest yang tentunya menjadi hak bagi penumpang sebagai konsumen,” jelasnya. fwa

Data pengemudi/penumpang Bus Damri Supir Mahmudin Noor
Penumpang :

  1. Imran
    2. Deviana Tresia Sale (MD)
    3. Bernadus Sare Ndolu
    4. Febrianus Devan
    5. Virginia Dhedhe Waro
    6. B Sijabat
    7. Abdul Latif
    8. Fathul Janah
    9.  Martiana Febrianti
    10. Wayan Mari
    11. Riza Supian
    12. Danang Hari Wibowo
    13. Kamaliah
    14. Tinduh Bahat Jungan
    15. Liunus Steven Samaloysa
    16. Margariet Raap
    17. Gerald Chaven Chornelius
    18. Gledis Christi Natania
    19. Djurniati
    20. Lim Kim Chai
    21. Yukimalis
    22. M Rasidi
    23. Nabila Farah Salsabila
    24. Nadira
    25. Lalu Ahmad Supran
    26. Hairudin
    27. Nurhayati
    28. Wiski Pratama
    29. Lestiana
    30. Abdul Halim
    31. Galih Prasetyo
    32. Hanifah
    33. Fauzi
    34. Karmilawati
    35. Veronica Onawake
    36. Wayan Morse

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *