Beri Pencerahan Strategis APBN Dalam Pemulihan Ekonomi, UPR dan DJPb Kalteng Gelar Kuliah Umum

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Civitas akademika Universitas Palangka Raya (UPR) bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DPJb) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan ‘DJPb Goes to Campus’ yang dikemas kedalam kuliah umum bersama para narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Rahan, Lantai II Gedung Rektorat UPR, Kamis (6/5) dengan mengusung tema ‘Peran Strategis APBN Dalam Pemulihan Ekonomi Kalteng’ tersebut, Kepala Kanwil DJPb Kalteng, Hari Utomo, SE., MM., Saat dibincangi Tabengan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Kalteng bersama UPR.

“Maksud dari kegiatan ini, ialah tidak lain bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa, termasuk pula sharing session bersama dengan civitas akademika UPR. Kemudian, dalam kegiatan ini kami juga sengaja memilih topik yang sedang ramai diperbincangkan, baik di tingkat nasional maupun lokal, yakni Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi,” ucapnya.

Provinsi Kalteng, sambung Hari, dapat berkontribusi secara nasional, yakni ekonomi di Kalteng dapat tumbuh positif, sehingga secara nasional pertumbuhan ekonomi juga bisa tumbuh positif. Dimana angka target pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2021 ini sebesar 5 persen, dan harapannya itu juga dapat diikuti pula dengan angka pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah yang nilainya kurang lebih seperti itu. Hanya memang agak berat di Kalimantan Tengah, karena dimulai dari angka ‘starting point’ nya -1,4 persen.

“Artinya, untuk target pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, untuk menyamakan target pertumbuhan ekonomi nasional, setidaknya 6,4 persen. Namun, jika kita berbicara dari tahun ke tahun atau years on years pada kuartal ke-4, maka angka target pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, harusnya 5 persen plus (+) 2,1 persen yang artinya kita harus bergerak naik sebesar 7,4 persen,” ujarnya.

Hari juga mengatakan, banyak program strategis pemulihan ekonomi yang dapat dilakukan di Bumi Tambun i, selain program perlindungan sosial (Perlinsos) masih ada lagi yang bisa dilakukan, misalkan penambahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa atau BLT-DD kepada masyarakat desa, termasuk pula untuk penanganan COVID-19.

Bahkan ada juga stimulus untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa insentif usaha. Apabila para konsumen di Kalteng ingin membeli kendaraan atau mobil, dalam kurun waktu bulan Maret hingga Agustus, iada insentif berupa pembebasan pajak penjualan barang mewah.

“Down effectnya cukup besar, mempengaruhi angka pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk BLT down effectnya tidak terlalu besar, tapi kalau pengusaha yang diberikan insentif untuk mempromosikan barang dagangannya, maka akan memiliki pengaruh sangat besar terhadap angka pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Disisi lain, Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE., M.Si menyampaikan apresiasi kepada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. “Kuliah umum ini saya nilai sangat positif, karena dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa. Dan, tema yang disampaikan pada kuliah umum ini sangat menarik untuk seluruh mahasiswa dan civitas akademisi, dimana data-data yang disampaikan oleh para pemateri, dapat bermanfaat bagi seluruh civitas akademisi, baik itu bagi para dosen, peneliti maupun mahasiwa terutama untuk mendukung penelitian dan penulisan karya ilmiahnya,” ungkapnya.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini juga mengatakan bahwa isu pertumbuhan ekonomi nasional merupakan isu yang sangat menarik, baik itu di tingkat nasional maupun lokal. “Tidak mengherankan animo peserta yang berasal dari civitas akademika UPR untuk mengikuti kegiatan kuliah umum hari ini, baik secara luring maupun daring terbilang cukup tinggi. Dan, semoga saja wawasan yang didapat dari kegiatan ini bisa bermanfaat untuk turut mengembangkan keilmuan dan literasi bagi seluruh civitas akademika UPR.”pungkasnya. nvd

KETERANGAN FOTO: Kegiatan Kuliah Umum yang mengambil tema ‘Peran Strategis APBN Dalam Pemulihan Ekonomi Kalimantan Tengah’, yang digagas oleh DJPb Kalteng bersama UPR.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *