Pemerintah Harus Pantau Harga Sembako agar Tetap Stabil Selama Ramadan

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM-Bulan Ramadan biasanya harga bahan pokok di pasaran mengalami peningkatan. Untuk itu tokoh pemuda Kalimantan Tengah, H Heru Hidayat ST meminta agar pemerintah daerah memerhatikan harga-harga bahan pokok agar tak membebani masyarakat apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Pemerintah daerah harus turun ke bawah memerhatikan dan memantau harga sembilan bahan pokok agar tetap stabil dan ketersediaannya mencukupi. Pemerintah daerah harus juga memastikan dan membantu para petani agar hasil panennya bagus,” ujar Heru Hidayat, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/4/2021).

Dijelaskan mantan Anggota DPRD Kalteng ini, memasuki Ramadan, biasanya harga bahan pokok di pasaran mengalami kenaikan. Tak hanya Ramadan, ia juga mengatakan kenaikan terjadi menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kenaikan harga pokok ini biasanya terjadi pada Ramadan dan juga pada menjelang Idul Fitri. Menjelang Idul Fitri misalnya, harga daging dan lainnya biasanya naik,” kata dia.

Ia mengakui, sulit untuk menghindari harga bahan pokok di lapangan. Namun, Heru meminta agar kenaikan yang terjadi di pasaran tidak sampai membuat masyarakat resah.

Menurutnya, Ramadan dan Idul Fitri masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu jalur pasokan dari luar daerah ke Kalimantan Tengah diharapkan tidak terjadi kendala yang berakibat naiknya harga bahan pokok di masyarakat.

Tak hanya memerhatikan bahan pokok, pemerhati sosial ini pun meminta pemerintah daerah untuk memerhatikan sektor pertanian agar berhasil panen di segala komoditas.

Untuk menjaga harga beras dan komoditas pertanian lainnya, pemerintah perlu memastikan petani tidak terjerat oleh tengkulak. Itu agar mereka bisa mendapatkan harga sesuai dengan keinginan. ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *