DEWAN KONSULTASI KE PEMPROV- Pengangkatan Wabup Menjadi Bupati Pulpis

  • Whatsapp
Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Pulpis Hendra
iklan atas

PULANG PISAU/TABENGAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), akan melakukan koordinasi dan konsultasi kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalteng, Rabu 21 April 2021. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Pulpis Hendra, Selasa (20/4/2021), dimana sesuai dengan penjadwalan kegiatan DPRD Kabupaten Pulpis pada tanggal 19 sampai 21 April 2021 akan melaksanakan koordinasi dan konsultasi terkait usulan pengangkatan Wakil Bupati (Wabup) menjadi Bupati pada masa Jabatan 2018-2023 ke Biro Pemerintahan Setda Kalteng.

“Rabu 21 April 2021, rencana kita konsultasi bersama pimpinan, dan Anggota Komisi I ke Biro Pemerintahan dengan Biro Hukum Provinsi Kalteng, terkait usulan Wabup menjadi Bupati sisa masa jabatan 2018-2023,” beber Sekwan.

Pihaknya, kata Hendra, nantinya juga akan didampingi oleh Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan, karena menurutnya berdasarkan Undang Undang (UU) 23/2014 dan UU 10/2016 Tentang proses Pemberhentian Bupati dan Proses Pengangkatan Wabub menjadi Bupati.

“Sebagian teman-teman juga ada mengatakan, 10 hari setelah usul pemberhentian, dan ada juga 10 hari setelah Edy Pratowo dilantik menjadi wakil gubernur, dan ini yang kita akan konsultasikan itu,” terangnya.

Untuk mekanismenya, lanjut Hendra, setelah Wabup menjadi Bupati depenitif, maka tahapan akan dilanjutnya pembentukan panitia pemilihan atau seperti model Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan nantinya pihaknya juga akan berkoordinsi dengan KPU Kabupaten untuk membuat tata tertib (Tatib) Pemilihan wakil bupati Pulpis.

“Tentunya, untuk wakil bupati itu akan kita jadwalkan pemilihannya. Dan seperti yang disyaratkan oleh UU minimal 2 calon yang diajukan oleh partai pengusung,” terangnya.

Sedangkan, sistem pemilihan nantinya akan dilaksanakan pencoblosan oleh 25 Anggota DPRD Kabupaten Pulpis.

“Untuk sekarang ini masih pada tahapan konsultasi terkait usulan pengangkatan Wabup menjadi Bupati, dan tunggu saja tahapan berikutnya,” tandasnya. c-mye

iklan atas

Pos terkait

iklan atas