1 Ramadan 1442 H Jatuh pada Selasa 13 April

  • Whatsapp
HILAL – Petugas dari Kemenag Kalteng saat pemantauan hilal awal Ramadan 1442 H di Palangka Raya, Senin (12/4/2021).TABENGAN/YULIANUS
iklan atas

**Hilal di Palangka Raya Tidak Terlihat

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah pada Selasa 13 April 2021. Keputusan tersebut diambil dalam sidang isbat yang dilaksanakan hari ini, Senin (12/4).

“Kami mendapatkan laporan 13 orang bahwa hilal sudah terlihat, keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan, bersepakat menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) Kalteng menggelar Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1442 H dilaksanakan dari puncak atau atap Hotel Aquarius, Senin (12/4) sore. Dari hasil pemantauan sejak pukul 16.00 WIB hingga 17.27 WIB, hilal di Kota Palangka Raya tidak terlihat dikarenakan cuaca berawan.

Menurut Kasi Urais dan Binsyar Kemenag Kalteng Fakhruddin menuturkan pihaknya telah menggunakan telescope jenis Vixen, untuk bisa melihat hilal sebagai pertanda jatuhnya 1 Ramadan 1442 H di 2021 ini.

”Kita di Palangka Raya belum bisa melihat, karena cuaca cukup berawan, dan diharapkan beberapa daerah lainnya siapa tahu ada yang mampu melihat, bisa melaporkan hasil dari rukyatul hilal,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan secara logika memang hilal di Kota Palangka Raya bisa saja terlihat karena tingginya berada di 3 derajat 57 menit. Namun karena cuaca yang ada sangat mendung, maka menghalangi penglihatan tersebut.

Pria murah senyum itu juga menambahkan di Kalteng sendiri, ada empat titik untuk melihat hilal seperti di atas Aquarius Hotel Palangka Raya, Menara Masjid Raya Darrusalam Palangka Raya, di Kabupaten Seruyan dan Pangkalan bun Kotawaringin Barat (Kobar). Dirinya berharap di titik lainnya, seperti Seruyan maupun Pangkalan Bun bisa terlihat dengan jelas.

“Memang dari empat tahun saya bertugas disini (Palangka Raya), setiap 1 Ramadan memang hilal belum pernah terlihat, karena memang berawan ataupun selalu mendung. Entah sebelum saya bertugas disini apakah pernah terlihat atau belum juga,” ujarnya.

Sementara itu ketika disinggung apakah besok (hari ini) memasuki bulan Ramadan dan mulai berpuasa, dirinya menjawab kemungkinan besar dan ada kepastian. Hal itu beralasan, ucapnya, mengingat hilal diseluruh Indonesia sudah mencapai pada tiga maupun empat derajat lebih. Hal itu juga terjadi pada wilayah Kalteng dan sekitarnya.

NU Kalteng Ucapkan Selamat Berpuasa

Sementara itu memasuki bulan Ramadan 1442 H, sejumlah elemen maupun berbagai unsur di Kalteng menyampaikan ucapan bagi masyarakat di provinsi tersebut. Salah satunya dari Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng HM Wahyudie F Dirun. Dirinya yang juga secara langsung mewakili Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng serta Anggota DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran, yang mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa.

“Kami berharap dengan pelaksanaan ibadah puasa ini, bisa kembali fitri dan diharapkan bisa saling menghormati antar sesama,” ujarnya. Apalagi dirinya meyakini rasa saling menghargai dan menghormati yang ada di provinsi itu, akan terus terjaga dikarenakan Kalteng sebagai daerah yang tetap menjaga filosofi Huma Betang, dalam balutan bertoleransi antar sesama.drn/ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas