Rumah di Mura Roboh Diterjang Angin

  • Whatsapp
AMBRUK- Salah satu bangunan yang roboh akibat angin kencang di Kelurahan Muara Tuhup, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya. ISTIMEWA
iklan atas

PURUK CAHU/TABENGAN.COM- Peristiwa angin kencang merusak sejumlah bangunan rumah warga di RT 09 dan bangunan Kantor Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di Kelurahan Muara Tuhup, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Kamis (8/4/2021) sore.

Informasi terhimpun, hujan disertai angin kencang melanda daerah setempat terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi akan terjadi hujan deras dan angin kencang di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk di wilayah Murung Raya dengan kecepatan angin rata-rata 10 km/jam.

Derasnya hujan dan kencangnya angin di daerah setempat mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, rusaknya beberapa fasilitas umum, seperti jembatan. Temasuk merusak 2 rumah warga di RT 09, serta 1 bangunan Kantor SPSI di RT 06, Kelurahan Muara Tuhup.

Bilqis Izatunnisa (32) warga Kelurahan Muara Tuhup menuturkan, saat kejadian angin bertiup sangat kencang disertai kilat dan petir sambung-menyambung. Kepanikan warga menjadi bertambah ketika angin mulai menerbangkan atap dan merusak bangunan.

Atas peristiwa itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya Karyadi  mengingatkan kembali agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya. Termasuk saat melakukan aktivitas di luar rumah. Selain kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak, Kecamatan Laung Tuhup juga hingga sekarang masih berada dalam status zona merah penularan Covid-19.

“Kami minta masyarakat tetap waspada, karena cuaca sekarang sangat sulit diprediksi. Potensi hujan deras dan angin kencang diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Kalteng dan kami selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG terkait hal ini,” sebut Kariadi. c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas