PENANGANAN COVID-19 – 1 April, RSP Pindah ke Hotel Batu Suli

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo menyampaikan, terhitung sejak 1 April 2021 seluruh pasien, tenaga medis dan fasilitas pelayanan khusus Covid-19 di Rumah Sakit Perluasan (RSP) Asrama Haji Al Mabrur dipindahkan ke Hotel Batu Suli di Kelurahan Menteng.

“Mulai hari ini, Rabu (31/3/2021), seluruh pasien dan semua fasilitas kesehatan di Asrama Haji telah dipindahkan secara bertahap ke RSP Hotel Batu Suli. Dengan pengelolaan dan perencanaan yang baik, kami harap pemindahan ini tidak memiliki kendala apa pun,” kata Andjar saat ditemui Tabengan di Palangka Raya, Rabu.

Andjar menjelaskan, alasan dipindahkannya seluruh fasilitas tersebut karena pihak pengelola Asrama Haji Al Mabrur, Kementerian Agama hendak kembali memfungsikan asrama tersebut untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Ditegaskan Andjar, meskipun dari segi jumlah ruang perawatan pada RSP Hotel Batu Suli nantinya akan lebih sedikit jika dibandingkan RSP Asrama Haji Al Mabrur, namun hal tersebut tidak akan menurunkan layanannya.

Pihak Dinkes akan berupaya memberikan strategi layanan yang efektif dan efisien bagi para pasien Covid-19, terlebih di tengah membeludaknya kasus konfirmasi positif dalam beberapa waktu terakhir.

“Perawatan di RSUD diperuntukkan bagi pasien yang bergejala berat dan menengah. Lalu RSP untuk pasien bergejala ringan. Kemudian juga ada isolasi mandiri, yang seturut dengan strategi PPKM mikro. Isolasi mandiri akan dikawal oleh Tim Satgas tingkat kecamatan/kelurahan/RT dan RW bersama jajaran kesehatan melalui Puskesmas di seluruh kota,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Andjar, untuk penanganan kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya bisa dimulai pada tingkat dasar, layanan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas. Jika masyarakat yang diperiksa memiliki indikasi mengarah ke kasus Covid-19, maka akan dirujuk ke semua RS baik milik Pemko, TNI/Polri atau swasta. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas