KEPUTUSAN KAPOLRI – 16 Polsek di Kalteng Tak Lakukan Penyidikan

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Keluarnya Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan), per 23 Maret 2021, turut berimbas kepada 16 Polsek jajaran Polda Kalimantan Tengah.

Dalam hal ini 16 Polsek tersebut masuk dalam 1.062 Polsek kriteria yang tidak bisa melakukan proses penyidikan dan hanya melakukan penguatan serta pemeliharaan kamtibmas.

Ke-16 Polsek tersebut yakni Polsek Awang (Polres Barito Timur), Polsek Pelabuhan Sampit, Polsek Sei Sampit dan Polsek Pulau Hanut (Polres Kotawaringin Timur), Polsek Balai Riam, Polsek Kuala Jelai dan Polsek Pantai Lunci (Polres Sukamara), Polsek Lamandau, Polsek Delang (Polres Lamandau).

Kemudian Polsek Gunung Timang, Polsek Gunung Purai dan Polsek Bukit Sawit (Polres Barito Utara), Polsek Katingan Kuala, Polsek Mendawai dan Polsek Tasik Payawan (Polres Katingan) dan terakhir Polsek Kahayan Hulu Utara (Polres Gunung Mas).

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengatakan, dalam penerapan keputusan tersebut, 16 Polsek di bawah Polda Kalteng tetap diberikan kewenangan untuk melakukan penyelidikan. Apabila dari proses penyelidikan naik ke tingkat penyidikan, maka harus dilimpahkan ke Polres.

“Polsek yang masuk dalam kriteria surat keputusan tersebut di antaranya tingkat kriminalitas yang rendah, misalnya hanya 2-3 kasus dalam sebulan. Lalu letak Polsek yang berdekatan dengan Polres,” jelasnya, Rabu (31/3).

Eko menambahkan, keputusan Kapolri tersebut masuk dalam program prioritas di bidang transformasi, program penataan kelembagaan, kegiatan penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri dengan rencana aksi mengubah kewenangan Polsek hanya untuk pemeliharaan kamtibmas pada daerah tertentu, tidak melakukan penyidikan.

“16 Polsek ini nantinya akan bekerja seperti biasa melakukan pemeliharaan kamtibmas dan keamanan di masyarakat. Hanya saja, untuk penyidikan dilakukan oleh Polres,” tutupnya. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas