Dukung PEN, FIFGROUP Luncurkan Dana Bergulir untuk 588 UMKM

  • Whatsapp
BERSAMA - Branch Manager FIF Palangka Raya,Iwan Suhanto bersama Penerima Dana Bergulir UMKM di wilayah Palangka Raya. TABENGAN/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – FIFGROUP menggandeng empat lembaga Astra meluncurkan Dana Bergulir untuk 588 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pada acara seremoni yang dilakukan dari Jakarta melalui zoom, Kamis (25/3/2021).

Margono Tanuwijaya, dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, mengatakan bahwa Program Dana Bergulir dalam Pilar Pemberdayaan Masyarakat ini sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, Corporate Affairs Policy PT Astra International Tbk serta Corporate Strategy FIFGROUP.

“Kita harus senantiasa berusaha mencapai yang terbaik dan menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Mari kita dukung para pelaku usaha yang mau maju untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM dengan daerah pengembangan UMKM dan program lainnya,” tutur Margono saat memberikan opening speech di acara kick off tersebut.

Kemudian Esther Sri Harjati Human Capital, General Service and Corporate Communication Director, menyatakan, FIFGROUP sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, yang bergerak di bidang pembiayaan ingin ikut berperan dan berupaya mendukung program pemerintah dalam memperbaiki perekonomian Indonesia, terutama di masa pandemi ini.

FIFGROUP memiliki Pilar Pemberdayaan Masyarakat, di mana tahun ini berfokus pada pengembangan UMKM melalui program dana bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah, dan bertujuan agar UMKM binaan khususnya UMKM mikro, tetap hidup dan produktif. Sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional.

Disebutkan Esther, sampai dengan akhir Januari 2021 lalu, jumlah penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM dengan total nominal nilai manfaat bantuan modal sebesar Rp846,5 juta. Tersebar di berbagai titik seluruh Indonesia, termasuk wilayah Jakarta dan cabang FIFGROUP.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, yaitu Jakarta Barat, Cilandak, Ciganjur dan Pamulang. Sedangkan cabang FIFGROUP bantuan dana bergulir ini tersebar mulai dari Cibinong, Bogor, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Pangkal Pinang, Padang, Batam, Lubuk Pakam, Palembang, Bandar Jaya, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar dan Mataram.

“Bermula di tahun 2016, bantuan dana bergulir yang berasal dari dana sosial Syariah FIFGROUP tersebut diberikan ke 26 UMKM dengan total nominal Rp65 juta, tahun 2017 kepada 35 UMKM dengan nominal Rp124,5 juta, tahun 2018 kepada 67 UMKM dengan nominal Rp152,5 juta, tahun 2019 kepada 97 UMKM dengan nominal Rp298 juta, dan tahun 2020 kepada 54 UMKM dengan total nominal Rp206,5 juta,” bebernya.

Terpisah, Iwan Suhanto Branch Manager FIFGROUP Palangka Raya menyampaikan untuk UMKM yang dibina oleh FIFGROUP Kantor Cabang Palangka Raya saat ini masih 2 UMKM. Pertama adalah Salwa Cake, Toko Kuliner Kue dan Online Shop. Selanjutnya kedua warung makan Winda.

Sementara Fetty Mandasari pelaku UMKM Salwa Cake mengaku terbantu dengan adanya program tersebut. Harapannya ke depan FIFGROUP bisa lebih mengembangkan untuk program sejenis.

Senada dengan Fetty, pelaku usaha Salwa Cake  juga mengatakan sangat bersyukur dengan adanya program dana bergulir, sehingga dapat menopang usahanya khusus pada masa pandemi seperti ini.

Iwan juga berharap di sepanjang tahun 2021, program dana bergulir tersebut tetap dapat hadir untuk masyarakat Palangka Raya dan dapat membawa manfaat bagi masa depan UMKM.

“Minimal bisa membantu menggerakkan perekonomian di sekitar UMKM tersebut di masa pandemi ini. FIFGROUP Palangka Raya berkomitmen senantiasa selalu hadir untuk mendukung dan memberi dampak bagi masyarakat sekitar. Sejalan dengan misi FIFGROUP yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” imbuhnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas