Wabah Covid-19 Meluas

  • Bagikan
COVID-19 MELUAS  - Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti saat mendapat perawatan ISTIMEWA

**44 WBP dan 5 Pegawai Rutan Palangka Raya Positif

**Kapolres Kapuas 2 Kali Terpapar

PALANGKA RAYA- Wabah Covid-19 yang merebak di Rutan Kelas IIA Palangka Raya, meluas. Setelah swab massal, Selasa (23/3) lalu, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Hingga Kamis (25/3), terdapat 44 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan 5 pegawai, termasuk Kepala Rutan Suwarto, positif tertular.

Kepala Pengamanan Rutan Erikjon Sitohang mengatakan, setelah swab massal yang dilakukan beberapa hari lalu terdapat hasil 24 WBP lainnya positif Covid-19 dan 5 pegawai turut positif. Saat ini seluruh WBP yang terpapar masih dilakukan isolasi di blok terpisah, sedangkan 4 pegawai Rutan melakukan isolasi mandiri di Asrama Haji.

“Satu pegawai lainnya melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Untuk penanganan 24 WBP yang baru terkonfirmasi positif kita masih menunggu obat dari Dinas Kesehatan maupun arahan apakah harus dibawa dulu ke RS Kalampangan,” katanya, Kamis.

Sebagai langkah lebih lanjut, tutur Erik, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya dan RSUD Doris Sylvanus untuk pelaksanaan swab massal kembali.

“Arahan dari provinsi, pemberian swab massal akan dilakukan secara bertahap. Satgas tidak bisa melakukan swab massal karena terkendala hasil nantinya. Mungkin akan bertahap 100 orang dulu,” katanya.

Kapolres Kapuas Terpapar

Selain di Kota Palangka Raya, wabah Covid-19 juga masih menghantui Kabupaten Kapuas. Masyarakat tak henti-hentinya diimbau untuk selalu taat, patuh dan berperilaku hidup bersih serta menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Saya harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kapuas selalu taat dan patuh serta selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, yang selalu memerhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, dalam penularannya wabah ini tidak memandang segi sosial maupun usia. Siapa yang lengah, maka pasti akan tertular,” kata Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, yang kini kembali terkonfirmasi positif Covid-19.

Melalui testimoni yang disiarkannya melalui unggahan video berdurasi 2 menit 12 detik ke beberapa grup WA di Kapuas, Manang terlihat sedang menjalani perawatan medis dengan bantuan selang pernapasan dan selang infus yang menempel di tangan kanan.

“Saya harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kapuas untuk tidak menganggap remeh Covid-19 ini. Hendaknya selalu taat dengan apa yang dianjurkan pemerintah tentang menerapkan protokol kesehatan. Yang lebih penting lagi, jangan memaksakan diri untuk melaksanakan acara yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, karena ini demi keselamatan dan kesehatan kita bersama,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa bulan lalu Kapolres Kapuas sempat menjalani isolasi mandiri walau tanpa merasakan gejala akibat dinyatakan positif terpapar Covid-19. Kini ia kembali dinyatakan  positif sebagaimana hasil swab dan harus menjalani perawatan medis. fwa/yul

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *