Vaksinasi Massal Diikuti 3.500 Orang

  • Bagikan
VAKSINASI- Ribuan orang ikuti vaksinasi massal pelayan publik Pemprov Kalteng dan Kota Palangka Raya di Stadion GOR, Jalan Tjilik Riwut, Sabtu (20/3/2021). TABENGAN/YULIANUS

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Pemerintah Provinsi  Kalimantan Tengah di Stadion GOR Km 5, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (20/3/2021) dan Minggu (21/3/2021), diikuti 3.500 orang. Hari pertama 1.600 orang, hari kedua 1.900 orang. Jumlah tersebut belum mencapai target lebih dari 5.000 orang.

Vaksinasi massal ini sasarannya para pelayan publik pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya, organisasi profesi (jurnalis, penyiar RRI, TVRI), tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, pada tahap I vaksin Covid-19 telah diterima Provinsi Kalteng pada 5 Januari 2020, dengan jumlah 14.680 dosis. Vaksin ini telah didistribusikan ke kabupaten/kota pada 9-11 Januari 2021.

Adapun cakupan vaksinasi tahap I sebanyak 104,2 persen sudah melewati target yang diberikan pusat, 80 persen. Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 tahap I adalah seluruh tenaga kesehatan dan penunjang fasilitas pelayanan kesehatan serta petugas tracing kasus Covid-19.

“Selanjutnya pada tahap II, cakupan sebanyak 410.719 sasaran, meliputi petugas pelayanan publik esensial sebagai garda terdepan (TNI, Polri, Satpol PP, guru dan petugas pelayanan publik transportasi) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama,” jelas Habib, mewakili Gubernur Kalteng.

Disampaikan pula, vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program vaksinasi ini telah dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa vaksin ini suci dan halal, serta vaksin dengan cara injeksi (suntik) tidak membatalkan puasa.

Pemerintah mengharapkan, dengan adanya vaksinasi akan mengurangi angka penularan dan memutus mata rantai Covid-19 serta meningkatkan imunitas dalam tubuh.

“Walaupun sudah mendapatkan vaksinasi, namun kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Terutama 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga berharap vaksinasi bisa selesai pada Desember 2021, sehingga ekonomi dapat kembali berjalan normal. Selain itu, dalam upaya memutuskan mata rantai Covid-19, Pemprov dan jajarannya akan mendisiplinkan dan menegakkan aturan kepada masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan. dsn

VAKSINASI – Mendukung upaya pemerintah dalam dalam melawan Covid-19, Pimpinan HU Tabengan Andrey L. Narang beserta isteri hadir untuk divaksinasi di Sport Indoor, Palangka Raya, Minggu (21/3/2021) TABENGAN/YULIANUS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *