Pedagang Enggan Divaksin, Puskesmas Giat Sosialisasi

  • Bagikan
SOSIALISASI- Kepala Puskesmas Bukit Hindu Siti Rofiah dan jajaran melakukan sosialisasi vaksin ke pedagang Pasar Kahayan, Jumat (19/3/2021). TABENGAN/DANIEL

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Sepinya kegiatan vaksinasi pedagang pada pekan lalu, direspons dengan sosialisasi vaksin dari Puskesmas Bukit Hindu, Palangka Raya. Bahkan, Kepala Puskemas Siti Rofiah SKM turun langsung memberikan sosialisasi bersama petugas Puskesmas dan staf UPTD Pasar Kahayan, Jumat (19/3/2021).

Kepada Tabengan, Siti Rofiah mengakui bahwa masyarakat pada umumnya belum mengetahui akan pentingnya dan manfaat dari vaksin. Pihaknya akan bekerja sama dengan instansi terkait melakukan pendekatan-pendekatan kepada para pedagang, sehingga kesadaran masyarakat makin meningkat.

“Kami sedang berupaya sosialisasi dan edukasi terkait pelaksanaan vaksinasi,” beber Kepala Puskemas Bukit Hindu.

Dari pantauan Tabengan di lapangan, memang cukup banyak pedagang yang belum memahami vaksin dan bahkan menolak saat didatangi petugas dari Puskesmas. Padahal, petugas hanya menyampaikan sosialisasi kegunaan vaksin untuk mencegah Covid-19.

Di tempat yang sama, Aji salah satu pedagang ikan, mengaku, alasannya tidak mau disuntik karena takut. Beberapa pedagang beralasan, pada saat vaksinasi pekan lalu jarak yang cukup jauh, sehingga mereka tidak jadi datang untuk divaksin.

“Oleh kemarin itu jauh (tempat vaksin), bagaimana kalau dagangan ditinggal,” ungkap Yulita. dsn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *