Tingkatkan Ketaatan Prokes dan Jaga Kesehatan

  • Bagikan
CUCI TANGAN - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas saat mengunjungi daerah, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM-Disiplin protokol kesehatan (Prokes) saat ini menjadi jalan satu-satunya untuk memutus penyebaran covid-19. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran tidak henti-hentinya meminta masyarakat untuk jangan kendor dalam penerapan Prokes dan selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta berolahraga.
“Kepada pemerintah kabupaten/kota agar fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 melalui pendekatan perubahan perilaku masyarakat. Terus edukasi masuarakat untuk taat prokes dan vaksin aman serta halal,” ungkapnya.
Disampaikan Sugianto, Dengan menerapkan perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan akan menjadi kekuatan masyarakat.
“Adapun kaitan dengan perubahan perilaku ini adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran kolektif dan peran dari seluruh komponen. Termasuk upaya upaya dalam perbaikan perekonomian dan peningkatanya,” tuturnya.
Sugianto menekankan pentingnya peran kolaborasi pentaheliks berbasis komunitas untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh aspek. Keberhasilan dalam menangani Covid-19 adalah melalui sosialisasi yang baik dan tepat sasaran kepada masyarakat.
“Sehingga peran komunikasi publik menjadi hal yang sangat mendasar, serta pemahaman dan pengertian bahwa covid-19 berbahaya,” katanya.
Melalui fungsi edukasi, sosialisasi dan mitigasi, tambah Gubernur Sugianto, ditambah empat hal penting protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan yang harus di implementasikan dengan baik.
Sugianto juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk memperketat Prokes di perkantoran pemerintah.

“Pelacakan secara masif dilakukan, guna mengantisipasi penyebaran yang lebih masif lagi di lingkungan pemerintah. Saya tidak ingin adanya kluster baru dilingkungan pemerintah, makanya saat ini pelacakan terus dilakukan,” timpalnya
Seluruh kepala daerah agar menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat terkait Covid-19. Pemerintah bisa melakukan sosialisasi Prokes secara masif. Sosialisasi bisa dimulai dengan fokus mengajak masyarakat untuk mematuhi Prokes. “Pemerintah daerah juga harus melakukan pelacakan secara massif terhadap masyarakat yang saat ini sedang terpapar namun masih berkeliaran di luar,” tuturnya.
Kesadaran masyarakat dalam penerapan Prokes sangat penting dilakukan. karena masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 dengan disiplin melaksanakan Prokes, maka Kalteng dapat menekan penyebarannya.
“Mari kita berdoa bersama sama agar pandemi covid ini cepat berlalu dan kehidupan perekonomian dapat ditingkatkan lagi,” katanya. ist/dor

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *