Jasa Raharja Kerja Sama Dengan Koperasi Angkutan Sewa Berbasis Online

  • Whatsapp
KERJA SAMA- Jasa Raharja teken kerja sama dengan beberapa koperasi Angkutan Sewa Khusus (ASK) berbasis online yang telah bermitra dengan aplikator angkutan online di Palangka Raya, Rabu (17/3/2021).Foto: ISTIMEWA
iklan atas
PALANGKA RAYA – Kepala Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Tengah, M Iqbal Hasanuddin pada Rabu (17/3), bertempat di Aula Kantor Jasa Raharja di Jalan RTA Milono No.18, menandatangani Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan beberapa koperasi Angkutan Sewa Khusus (ASK) berbasis online yang telah bermitra  dengan aplikator  angkutan online di Palangka Raya, yaitu Koperasi Berkat Bersinar Bersama (KB3) dan Koperasi Abhinaya Satya Parahita.
Acara penandatanganan perjanjian kerja sama ini turut disaksikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kalteng, Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalteng, Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut, Kepala Satuan Lalu Lintas Resort Palangka Raya dan Perwakilan Grab Palangka Raya.
Perjanjian kerja sama ini terkait penjaminan penumpang Angkutan Sewa Khusus taksi online jika terjadi kecelakaan lalu lintas dalam melakukan perjalanan. Hal ini juga sebagai salah satu administrasi perizinan taksi online seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 118 Tahun 2018 Pasal 17 yang menyatakan bahwa perusahaan Angkutan Sewa Khusus harus mengasuransikan tanggung jawab, yaitu berupa iuran wajib dan tanggungjawab pengangkut.
Kepala PT Jasa Raharja Cabang dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa setelah penandatanganan PKS ini, Angkutan Sewa Khusus yang menjadi anggota koperasi tersebut akan terjamin oleh UU nomor 33 tahun 1964 jika mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal, seperti halnya angkutan umum lainnya. Untuk saat ini program perlindungan dasar hanya diberikan kepada 17 kendaraan ASK sesuai data yang diberikan koperasi.
Iqbal menyampaikan harapan agar koperasi-koperasi yang telah bermitra dengan perusahaan taksi online mengikuti langkah kedua koperasi ini yang menjadi pionir keselamatan penumpang taksi online di provinsi Kalimantan Tengah.
“Jalinan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah yang hadir melalui PT Jasa Raharja, yaitu memberikan perlindungan dasar terhadap semua penumpang angkutan sewa khusus (berbasis online) yang menjadi salah satu sarana angkutan umum yang sah. Sebagai wujud komitmen Jasa Raharja dalam melaksanakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018,” pungkas Iqbal.ist/adn
iklan atas

Pos terkait

iklan atas