Menhan dan Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate

  • Whatsapp
iklan atas

*Kuatkan Komoditi Cadangan Pangan Strategis Nasional

GUNUNG MAS/TABENGAN.COM-Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, mengatakan selain sebagai lokasi food estate, Kalteng juga memiliki potensi sebagai pengembangan food estate sebagai program cadangan strategis pangan nasional. Hal itu harus didukung, dikembangkan dan ditingkatkan sekaligus sukses untuk menjadi bagian lumbung oangan nasional.
Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, didampingi Gubernur Kalteng H. Augianto Sabran, dan Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu (10/3/2021).
Menhan Prabowo Subianto meninjau langaung Lokasi pengembangan Food Estate komoditi Singkong yang berada di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.
“Pembangunan Food Estate ini sudah menjadi Keputusan dari Presiden RI. Maksud dan tujuannya untuk mengatasi semua kemungkinan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia terkait krisis pangan dunia sebagai akibat dari pandemi yang terjadi saat ini.
Upaya kota Indonesia, agar tidak tergantung kepada Negara lain,” ucap Prabowo Subianto.
Menhan, Gubernur, Bupati, Pangdam, Kapolda dan Danrem, melihat dan memantau Penanaman Singkong, serta melakukan pertemuan dengan warga.
Prabowo Subianto juga menyerap aspirasi masyarakat setempat mengenai pengembangan food estate serta apa saja yang harus dipersiapkan agar pembangunan food estate di Kabupaten Gunung Mas berjalan dengan baik dan sukses.

Hal ini juga sekaligus mendukung program cadangan pangan Strategis Nasional.
Direncanakan lahan untuk pengembangan komoditi singkong di kalteng seluas kurang lebih 1 Juta Hektare (Ha). Pengembangan komoditi singkong dimulai dari Kabupaten Gunung Mas.
Untuk tahun 2021, pengembangan komoditi singkong di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 30.000 Ha. Saat ini, lahan sudah diolah seluas 634 Ha dan yang sudah ditanam singkong seluas 32 Ha.
“Komoditi singkong dipilih untuk mendukung program cadangan pangan Strategis Nasional, Karena singkong bisa menghasilkan sekian banyak turunan salah satunya mie, tapioka dan mocaf. Kami juga disini menyerap aspirasi warga dan pemerintah untuk mendukung suksesnya program nasional di wilayah ini,” kata Menhan.
Gubernur Sugianto menyambut baik kesatangan Menhan dalam memantau dan meninjau lokasi pengembangan food estate di Kalteng, yang dimulai dari wilayah Kabuoaten Gunung Mas.
“Berbagai masukan dan koordinasi kami diskusikan bersama Menhan guna mendukung suksesnya program pangan nasional di wilayah Kalteng,” ucap Sugianto.
Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Gunung Mas Baryen serta Forkopimda Gumas.ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas