Tanding Uji Coba Kalteng Putri Dievaluasi

  • Whatsapp
UJI COBA- Pemain tim sepak bola putri PON Kalteng dan tim sepak bola PON DKI Jakarta (belakang) foto bersama sesaat sebelum menjalani pertandingan uji coba di Tangerang, baru-baru ini. ISTIMEWA
iklan atas

**Kalahkan Mantan Pemain Timnas Indonesia

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Tim sepak bola Kalteng Putri yang diproyeksikan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, 2021 Papua telah merampungkan pertandingan uji coba di Tangerang, 7-8 Maret. Pertandingan pertama melawan tim gabungan pemain terbaik dari Tangerang ditambah mantan pemain Timnas Indonesia menang 7-0 dan kalah 1-2 saat bertanding melawan tim PON sepak bola putri dari DKI Jakarta.

Salah satu tim pelatih, Sugianto menyampaikan, sangat bersyukur menjalani pertandingan uji coba ini, karena bisa melakukan evaluasi hasil latihan selama 1 tahun lebih, baik taktik, fisik, teknik bermain maupun mental. Ada sejumlah catatan yang perlu perbaikan usai pertandingan uji coba.

“Adanya pertandingan uji coba di luar daerah ini, bisa mengetahui bagaimana para pemain mengaplikasikan hasil latihan selama ini, taktikal jalan atau tidak. Jadi kepada pihak-pihak yang sudah mendukung kami dalam keberangkatan pertandingan uji coba ini, saya ucapkan banyak terima kasih,” kata Sugianto, Selasa (9/3/2021).

Dari penilaian Sugianto, kekuatan fisik pemain Kalteng Putri di atas rata-rata pemain tim lawan. Begitu juga kecepatan dan saat duel satu lawan satu dengan lawan. Bahkan, kekuatan fisik para pemain membuat kaget, bahkan dapat pujian dari Asisten Pelatih Timnas Putri Indonesia, Yopie Riwoe yang hadir menyaksikan pertandingan tersebut.

Dari segi teknik, Sugianto menilai tidak kalah juga dengan tim lawan, hanya memang perlu polesan lagi. Kekuatan fisik yang dimiliki oleh para pemain, pelatih menerapkan taktik high press kepada lawan. Pada saat bertahan langsung melakukan pressing kepada lawan untuk menghindari terjadinya kesalahan di sekitar gawang.

Melalui pertandingan uji coba ini, para pelatih juga ingin melihat mental para pemain. Taktik, fisik teknik  harus didukung dengan kekuatan mental pemain dan itu didapat dari pertandingan uji coba dengan euforia yang berbeda.

Sugianto melihat ada beberapa yang memang masih terlihat grogi, namun yang lainnya sudah tidak ada masalah, sehingga selama latihan setahun lebih ini terpenuhi semua. Program latihan selama ini dapat dijalani sampai 80 persen oleh pemain.

“Kami sudah dapat formulanya, terutama untuk taktikal saat bermain menyerang dan bertahan baik individual maupun tim sudah kami lihat. Memang ada satu atau dua pemain yang masih kurang rapat saat menjaga lawan sehingga ada celah untuk lawan, tapi secara keseluruhan sudah bagus, dan kekurangan akan dievaluasi, disimulasikan lagi dalam latihan,” pungkas Sugianto.

Sementara itu, Manajer Tim Kalteng Putri Budi Yantoro menyampaikan, tujuan awal pertandingan uji coba ini untuk menambah jam terbang para pemain sehingga bertambah pengalaman tanding dan juga kekuatan mental pemain lebih kuat. Kemudian ingin melihat seperti apa saat bertanding di tempat lawan karena PON nanti akan bertanding di tempat lawan.

“Kami ingin tahu dan evaluasi bagaimana saat main di kandang lawan, pengen tahu juga bagaimana menerapkan apa yang telah didapatkan pada saat latihan selama ini. Bagaimana cara menyerang, bertahan dan lain sebagainya, sudah sesuai dengan instruksi pelatih belum,” imbuh Budi.

Dengan waktu yang masih tinggal beberapa bulan lagi menuju PON, akan dimanfaatkan untuk fokus melakukan persiapan. Rencananya 2 bulan menggelar latihan di Palangka Raya dan 1 bulan latihan terpusat di Jawa fokus untuk melakukan pertandingan uji coba. Saat ini mereka sedang mengupayakan sponsor untuk latihan terpusat.

Sementara itu, atas kepedulian dari semua pihak kepada tim sepak bola Kalteng Putri, yang telah memberikan dukungan moril dan materil terutama Kalteng 22 yang telah menanggung tiket pulang pergi, biaya rapid test antigen, bahkan meskipun kalah saat uji coba kedua tetap dikirim uang untuk keperluan makan, Budi menyampaikan banyak terima kasih. Karena berkat dukungan itu, bisa berangkat ke luar daerah untuk melakukan pertandingan uji coba.yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas