Vaksin Aman dan Halal, Jangan Takut!

  • Whatsapp
VAKSINASI- Suasana saat proses vaksinasi pegawai PDAM dan relawan PMI Kota Palangka Raya, Selasa (9/3/2021). TABENGAN/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Vaksinator Pemegang Program Imunisasi Puskesmas Pahandut Palangka Raya Siti Walapiah mengimbau masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya para pedagang yang akan menerima vaksin tidak perlu takut dan khawatir. Sebab, vaksin yang akan disuntikkan untuk menangkal Covid-19 aman dan halal.

“Untuk masyarakat khususnya para pedagang yang menurut info sebagian takut divaksin, vaksin aman dan halal. Sebagai bukti para tenaga kesehatan yang lebih dulu divaksin, saat ini dalam keadaan sehat dan dapat memberikan layanan kesehatan vaksinasi bagi masyarakat yang membutuhkan,” bebernya kepada Tabengan, Selasa (9/3).

Dikatakan Siti, pada Selasa dan Rabu (10/3/2021), peserta vaksinasi adalah PDAM dan PMI Kota.  Sementara jadwal vaksinasi untuk pedagang diundur, Jumat-Sabtu (12-13/3) mendatang. Menurut data yang diperolehnya, pedagang yang bersedia divaksin sebanyak 137 orang.

“Alasan kenapa setiap hari hanya 2 instansi yang divaksin, karena obat vaksin memiliki jangka waktu 6 jam di box penyimpanan. Dan juga jumlah vaksin yang disediakan terbatas, dalam arti kalau membawa terlalu banyak dan terjadi antrean dikhawatirkan akan merusak vaksin. Belum lagi kami sebagai nakes harus melayani pasien umum yang juga memerlukan layanan kesehatan lainnya,” jelas dia.

Siti menegaskan, selama pelayanan vaksinasi berlangsung lancar dan aman.  Namun demikian, diakuinya memang sempat ada yang merasa pusing beberapa saat setelah vaksin. Tetapi, orang tersebut sudah memiliki riwayat sering pingsan, pusing dan cemas.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan PDAM Palangka Raya Refly Punuh mengakui, proses vaksinasi bagi pegawai PDAM Palangka Raya berjalan lancar, meskipun ada yang ditunda karena tensi tinggi.

“Peserta dari PDAM ada sekitar 80 orang, hari ini (Selasa) 40 orang, sisanya akan divaksin pada hari selanjutnya (Rabu). Ada beberapa orang yang juga takut. Tapi kita siasati, pada saat divaksin direkam dan dishare di grup, kita beri dukungan supaya yang lain tidak panik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Muhammad Taher, Staf Bidang Administrasi dan Logistik PMI Kota Palangka Raya menyebutkan, pada Selasa setidaknya ada 12 personel relawan PMI Kota Palangka Raya yang divaksin.

“Yang lalu sudah divaksin 15 personel dari Unit Transfusi Darah,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Suyuti Syamsul menyampaikan,  sebelum pelaksanaan vaksinasi di Kalteng, survei dari Litbang Kompas sudah menunjukkan angka kesediaan masyarakat di Kalteng untuk divaksinasi itu 66 persen, ini merupakan awal yang bagus sudah bagus.

“Sebetulnya start awal itu sudah bagus dengan angka 66 persen. Setelah tahap satu ke nakes ternyata tidak ada efek samping yang serius, saya yakin di survei sekarang, angkanya sudah di 80-90 persen. Bahkan sangat antusias masyarakat kita ini. Saking antusiasnya masyarakat sering tanya kapan giliran kami,” kata Suyuti, Selasa.

Dari sisi penerimaan terhadap vaksin di Kalteng, Dinkes tidak terlalu pusing karena memang targetnya hanya 80 persen. Kalau ada 1 atau 2 orang yang menolak tidak penting lagi, karena menurut Suyuti bagi orang kesehatan, sudah sampai pada kesimpulan bahwa sudah berhasil memukul mundur mereka yang anti vaksin.

Dibuktikan dengan antusiasme masyarakat yang sudah sangat tinggi, masih ada yang menolak maka itu tidak jadi masalah, tapi dia mengingatkan kepada mereka yang menolak, nanti secara acak dipilih untuk vaksinasi. Apabila menolak tanpa ada alasan medis, maka ada sanksinya berupa denda dan tidak mendapatkan bantuan sosial.

Sementara itu, terkait dengan vaksin tahap kedua termin I sasarannya adalah petugas publik dalam hal ini yang berhadapan langsung dengan masyarakat mencakup anggota TNI, Polri, Satpol PP, aparat hukum, Kesbangpol, tokoh agama yang masuk di MUI. Karena vaksin masih terbatas nanti menyusul yang lain apabila vaksin sudah cukup.  dsn/yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas