Buku Mengapa Harus Jadi Relawan Kemanusiaan? Diluncurkan

  • Whatsapp
Peluncuran buku Mengapa Harus Jadi Relawan Kemanusiaan? Karya Heru Hidayat menambah referensi dan motivasi kerelawanan di masyarakat. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Tokoh pemuda Provinsi Kalimantan Tengah H Heru Hidayat melakukan launching buku dan penyerahan karyanya yang berjudul Mengapa Harus Jadi Relawan Kemanusiaan? kepada Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalteng H Sutransyah, Minggu (7/3/2021).

Momentum tersebut berbarengan dengan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-4 SMSI yang dilaksanakan di Panti Asuhan Berkah di Jalan George Obos, Kota Palangka Raya.

Heru yang juga mantan anggota DPRD Kalteng menyampaikan, buku yang diluncurkan tersebut mengupas tentang latar belakang mengapa harus jadi relawan kemanusiaan, tahapan untuk menjadi relawan dan liputan media mengenai sebagian kiprah relawan kemanusiaan di masyarakat.

Selain itu, juga ada pengantar dan testimoni buku tersebut dari Presiden PKS, H Ahmad Syaikhu, Ketua Prodi PLS Pascasarjana Universitas Palangka Raya, dan beberapa tokoh di Kalteng, termasuk H Sutransyah, ujar aktivis kemanusiaan ini.

“Dengan buku tersebut, harapannya bisa meningkatkan kepedulian masyarakat dan solidaritas kepada sesama yang di sekitar kita. Terutama dalam kondisi saat ini, pandemi Covid-19 yang berdampak dan memengaruhi semua sektor kehidupan di masyarakat, sehingga memerlukan upaya bersama untuk saling tolong menolong,” ujar pria yang juga dikenal sebagai trainer.

Begitu pun dengan peran rekan-rekan wartawan dan media yang sangat membantu dalam menginformasikan secara cepat bagaimana kondisi lapangan dan kebutuhan masyarakat yang terdampak baik bencana maupun pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan demikian, imbuh Heru, informasi yang disampaikan melalui media tersebut bisa menjadi jembatan bagi para pihak yang juga turut membantu dan peduli kepada sesama.

“Perlu membangun kesadaran untuk saling bahu-membahu dan terlibat untuk membantu sesama yang dalam kondisi membutuhkan. Sehingga peran kita saling melengkapi dan menguatkan bagi sesama yang terdampak bencana maupun pendemi Covid-19,” katanya.

Heru mengapresiasi SMSI Kalteng yang terus meningkatkan kompetensi dan membangun kerja sama yang luas dengan semua elemen masyarakat dalam rangka menghadirkan informasi dan berita yang cepat dan kredibel. Dia berharap rekan-rekan wartawan dan media menjadi bagian terdepan yang peduli dengan kondisi sesama dan senantiasa diberikan kesehatan dan kebaikan dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu, Sutransyah sebagai wartawan senior menyampaikan apresiasi dan testimoni terhadap buku karya Heru Hidayat tersebut.

“Menyimak dan menyisir kalimat serta bahasa yang disajikan dalam buku ini, santun serta sarana semangat media pembelajaran. Membuktikan pengabdian penuh dengan pengorbanan disertai perjuangan,” kata Sutransyah.

Buku itu diterbitkan lembaga manajemen terapan Trustco Jakarta, dengan spesifikasi buku 134 halaman, bookpaper-BW, dengan nomor ISBN 978-602-0965-52-9.

Buku tersebut diharapkan bisa menjadi referensi dan motivasi untuk menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat, ujar Wakil Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Provinsi Kalteng ini. ist/hil

iklan atas

Pos terkait

iklan atas