Ratusan Warga Petuk Katimpun Tolak Bala

  • Whatsapp
TOLAK BALA- Masyarakat Jalan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya saat menggelar acara tolak bala, Kamis (4/3/2021) malam.  TABENGAN/FERRY WAHYUDI
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN- Setelah tragedi berdarah pasangan suami istri, baru-baru ini, ratusan warga Jalan Petuk Katimpun, Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, menggelar acara tolak bala pada Kamis (4/3/2021) malam.

Ratusan warga yang berkumpul lalu berjalan kaki sepanjang 3 kilometer menggunakan penerangan obor sambil melantunkan ayat suci Alquran dan zikir.

Prosesi acara tolak bala diawasi ketat Babinsa Kodim 1016 Palangka Raya dan Bhabinkamtibmas Polresta Palangka Raya dalam hal penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Seluruh warga yang ikut acara diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Ada juga anggota Kodim 1016/Plk Koptu Agung Setiawan yang berdomisili di wilayah tersebut ikut andil membantu pengamanan. Kegiatan dipimpin Ustaz Supiani, selaku tokoh masyarakat setempat yang turut melantunkan doa-doa kepada Allah SWT.

“Jadi acara tolak bala ini dilaksanakan bersama masyarakat setempat yang kompak. Tujuannya adalah agar masyarakat dan lingkungan khususnya Jalan Petuk Katimpun dan Kota Palangka Raya pada umumnya terhindar dari bala dan bencana,” kata Supiani.

Pada kesempatan itu pula, masyarakat berdoa agar pandemi Covid-19 bisa cepat berlalu dan masyarakat betul-betul disehatkan. Dari kegiatan ini juga diharapkan semua masyarakat dapat mengambil pelajaran dan terhindar dari marabahaya dan bencana.

“Acara tolak bala bertepatan dengan malam 21 Rajab, awal terjadinya peristiwa Isra Miraj. Dengan harapan apa yang kita doakan bersama-sama dengan masyarakat dapat dikabulkan dan diijabah oleh Allah SWT,” tuturnya.

Babinsa Kodim 1016 Pelda Nurkholis pada kesempatan itu menekankan kepada warganya, agar mengutamakan faktor keamanan selama kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Demi suksesnya acara, kami harap warga tertib dan utamakan faktor keselamatan, dan kami juga bagikan masker kepada warga, serta mengedukasi agar selalu disiplin dan jangan kendur dalam penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung pukul 19.20 WIB hingga 21.00 WIB tersebut diakhiri dengan doa bersama, dilanjutkan makan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas suksesnya acara tersebut. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas