Heru’s Farm Produksi Susu Kambing Segar

  • Whatsapp
PETERNAKAN – Peternakan kambing Heru’s Farm, selain memelihara kambing pedaging juga mulai memproduksi susu segar. Selain itu sering dikunjungi masyarakat.Tampak saat kunjungan Wakil Rektor III universitas Muhammadiyah Palangka Raya ke Heru'S FarmISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA – Susu merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh semua orang. Pada umumnya, susu yang dikonsumsi berasal dari sapi. Namun produk susu yang satu ini berasal dari susu Kambing dan sudah ada di Palangka Raya.

Produk susu ini ada di sebuah peternakan yang memproduksi susu kambing segar, namanya peternakan Heru’s Farm. Berlokasi di Jalan Pasir Panjang, RT05, RW01, Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya.

Di peternakan milik Heru Setiawan dan Rochimah tersebut, ada 28 ekor jenis kambing yang diternak. Antara lain jenis peranakan Etawa baru ada 15 ekor, 10 ekor jenis Jawa Randu dan Cempe 3 ekor.

“Untuk saat ini baru satu kambing yang berproduksi. Belum semua yang berproduksi, sehingga dimungkinkan mengambil susu  dari peternakan di Jawa. Untuk saat ini oleh melihat pasar cukup besar permintaannya. Sambil menunggu melahirkan 6 ekor kambingnya,” ujar Rochimah saat dibincangi Tabengan, Sabtu (27/2/2021).

Sementara Heru menambahkan, selain breeding/pengembangbiakan untuk menghasilkan susu kambing, di Heru’s Farm akan melakukan edukasi bagi anak TK, SD dan masyarakat umum akan pentingnya minum susu kambing. Sedangkan kambing yang khusus pedaging akan dilakukan penjualan atau trading untuk agrotourism.

“Agar masyarakat familiar dengan manfaat susu kambing bagi kesehatan, susu kambing selain dimanfaatkan sebagai susu segar (original), ada beraneka ragam rasa seperti vanila, stroberi, mocha, coklat dan lainnya. Dapat diolah juga sebagai permen dan kapier. Tapi saat ini Heru’s Farm masih belum total memproduksi hanya masih mencoba melihat pasar,” jelasnya.

Seperti diketahui susu kambing segar memiliki beberapa manfaat, antara lain kesehatan tulang, baik diminum bagi penderita diabetes, penderita asma, mengobati radang kulit, meningkatkan ASI, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan kecerdasan dan lebih mudah dalam proses metabolisme. Selain itu, susu kambing juga memiliki kadar kalori yang tinggi (1 cangkir  susu kambing setara dengan 168 kalori). dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas