KARHUTLA – Lahan  Jalan Yos Sudarso Ujung Terbakar

  • Whatsapp
KEBAKARAN LAHAN - Personel Polsek Pahandut memasang garis polisi di lahan Jalan Yos Sudarso Ujung yang terbakar. TABENGAN/FERRY WAHYUDI
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini api membakar lahan warga yang berada di Jalan Yos Sudarso ujung seluas 50×50 meter persegi, Senin (1/3/2021).

Lahan yang baru saja dibersihkan tersebut terbakar hebat dan hampir merembet meluas ke lahan lainnya. Beruntung, hujan yang mengguyur di lokasi tersebut membuat api segera bisa dipadamkan dan mencegah meluasnya karhutla.

Kapolsek Pahandut Kompol Edi Sutaata, mengatakan informasi karhutla pertama kali diketahui oleh warga yang melaporkannya ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sedang berpatroli. Saat di cek, ternyata didapati api membakar lahan yang berada 100 meter dari jalan utama Yos Sudarso.

“Dari lokasi yang kita amati memang lahan bekas dibersihkan warga ada sekitar dua hektar dan yang terbakar seluas 50×50 meter persegi. Saat ini penyelidikan kita lakukan dan jika dilihat dari TKP memang sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Untuk kepentingan penyelidikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kelurahan setempat untuk mencari pemilik lahan tersebut. Edia menegaskan jika karhutla tersebut menjadi kebakaran pertama sepanjang 2021 di Kota Palangka Raya.

“Lahan yang terbakar kita pasang garis polisi untuk menentukan status quo kita sampai pelaku pembakaran ketemu. Kita turut mengimbau masyarakat untuk bijak mengolah lahan dengan tidak melakukan pembakaran. Lahan yang terbakar diduga akan dimanfaatkan baik sebagai perumahan atau sebagainya karena sudah terdapat badan jalan yang dibuat,” tutupnya. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas