Pelatihan Souvenir Diyakini Majukan Sektor Pariwisata

  • Whatsapp
Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Peningkatan kapasitas, baik secara kualitas dan kuantitas terhadap sumber daya manusia (SDM) pada bidang kepariwisataan dinilai sangat penting.

Karena itu, berbagai pelatihan dan pendampingan dalam konteks tersebut harus lebih gencar lagi diberikan oleh pemangku kepentingan dilingkungan pemerintah daerah.

“Adanya SDM dibidang pariwisata ini akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi penggerak pariwisata itu sendiri,” ungkap anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo, belum lama ini.

Maka dari itu, sambung Politisi PDI Perjuangan ini, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkaitnya harus mendorong peningkatan SDM pariwisata lokal melalui berbagai pelatihan.

Ia mencontohkan pelatihan yang bisa dilakukan antara lain pelatihan pemanfaatan limbah yang memiliki nilai jual, sehingga menambah pendapatan masyarakat lokal sekitar obyek wisata.

“Iya, seperti pelatihan membuat souvenir dengan sasaran warga disekitat obyek wisata. Ini bagus menunjang ekonomi warga lokal yang ada di tempat wisata. Bisa dari limbah plastik air mineral yang disulap menjadi kerajinan tangan, dan tak lupa tetap sematkan kekhasan Kota Cantik ini,” tambahnya.

Menurut Sigit, sebagaimana obyek wisata di daerah lainnya maka ketika wisatawan datang berkunjung kebanyakan yang dicari adalah cenderamata untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan dari tempat wisata.

“Maka itu, pelatihan keterampilan membuat souveir atau cendera mata ini sangat penting. Selain untuk pengembangan ekonomi warga sekitar wisata, disisi lain juga bisa membuka lapangan kerja,” tuturnya.

Terlepas dari itu semua, hal yang sangat ditekankannya adalah perlunya dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam penguatan SDM kepariwisataan tersebut.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas