RESES DPD RI TERAS NARANG- Begini Aspirasi Masyarakat Wilayah Barat Kalteng 

  • Whatsapp
RESES- Suasana reses Anggota DPD RI Agustin Teras Narang di sejumlah kecamatan dan desa wilayah Kobar, Seruyan, Lamandau dan Sukamara, 15-20 Februari 2021. TABENGAN/ADINATA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Aspirasi masyarakat di banyak desa di wilayah barat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) relatif sama. Seperti perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, jaringan listrik, jaringan internet, kesulitan mengurus hak milik atas tanah karena wilayahnya berada di kawasan hutan, sarana dan prasarana pertanian relatif minim, dan upaya peningkatan perekonomian, fasilitas pendidikan, kesehatan serta lainnya.

Aspirasi tersebut disampaikan para camat dan kepala desa di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau dan Sukamara, dalam kegiatan reses Anggota DPD RI Agustin Teras Narang, tanggal 15-20 Februari 2021.

“Itulah kenapa saya dalam berbagai tugas dan reses DPD RI, selalu berupaya mencari informasi dan menyerap aspirasi masyarakat di desa dan kecamatan,” ungkap Teras.

Gubernur Kalteng periode 2005-2015 mengakui, problem di provinsi yang pernah dipimpinnya ini dari dahulu hingga sekarang terkait tata ruang masih jadi kendala. Berdasarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dari keseluruhan wilayah Kalteng, 82 persen berada  di kawasan hutan dan hanya 18 persen non kawasan hutan.

Mengenai tata ruang, jelas Teras, sebenarnya bukan hanya antarkabupaten, tapi juga menyangkut kawasan hutan. Bahkan, belum lama ini, ada pertemuan secara daring dengan bupati dan unsur SOPD di lingkungan Pemkab Sukamara. Dalam daring itu, bupati menyampaikan bahwa kantor Bupati Sukamara masih belum clear. Sebab, informasinya Kantor Bupati Sukamara masih berada di kawasan hutan.

“Saya sudah mencatat dan akan coba menyampaikan hal ini. Jadi masalah tata ruang adalah problema yang amat sangat kompleks karena Kemen LHK masih berpandangan dari sekian ribu Km persegi di Kalteng, 82 persen adalah kawasan hutan,” ungkap dia.

Teras juga menyebutkan, sejak dilantik menjadi anggota DPD RI pada tahun 2019 hingga pertengahan Februari 2021, telah menyerap aspirasi masyarakat di hampir 200 desa. Dalam penyerapan aspirasi itu, dirinya juga selalu memberikan masukan dan mendorong aparatur desa untuk berinovasi dan melakukan berbagai terobosan dalam memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi tetap stabil, kokoh bahkan terus mengalami peningkatan, diperlukan perhatian serta keseriusan dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan berbagai sektor yang ada di pedesaan.

Senator asal Kalteng ini mengungkapkan, di desa banyak sektor yang bisa didorong agar berkontribusi optimal terhadap pertumbuhan ekonomi. Bersyukur di beberapa desa, termasuk 7 desa di Kecamatan Permata Kecubung, Kabupaten Sukamara, masalah listrik dan jaringan internet sudah relatif baik.

“Saya berharap fasilitas listrik dan jaringan internet itu dijaga serta hendaknya menjadi sarana agat masyarakat bisa lebih sejahtera ke depan,” pungkas Teras. adn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas