Pemko, Kapolresta dan Dandim Ikuti Rakornas Pengendalian dan Pencegahan Karhutla

  • Whatsapp
Pemko, Kapolresta dan Dandim Ikuti Rakornas Pengendalian dan Pencegahan Karhutla
KARHUTLA – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Sekda Hera Nugrahayu mengikuti acara Pengarahan Presiden RI tentang Pengendalian Karhutla Tahun 2021 secara virtual, Palangka Raya, Senin (22/2/2021). TABENGAN/YULIANUS
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Pemerintah Kota Palangka Raya, Senin (22/2/2021),  mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) secara virtual untuk mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo dalam pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021. Digelar di ruang Comand Center, rakornas tersebut dihadiri oleh Sekda Hera Nugrahayu, Kepala BPBD Emi Abriyani dan jajaran Forkopimda Kota Palangka Raya.

Kepala BPBD, Emi Abriyani kepada Tabengan mengatakan setidaknya ada enam arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pencegahan Karhutla. Pertama, peningkatan upaya pencegahan, kemudian pemenuhan infrastruktur untuk monitoring dan pengawasan, minimalisir kelalaian, penataan lahan gambut, cegah kebakaran meluas dan langkah penegakan hukum yang tegas.

“Semuanya ditekankan pada satu hal, yakni upaya pencegahan. Jadi Pemko siap bersinergi bersama pihak terkait untuk melakukan upaya pencegahan Karhutla. Dimana pada tahun 2020 kemaren, kita bisa dikatakan sukses mencegah Karhutla berkat upaya pencegahan dini,” ujar Emi.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari BMKG, kawasan Kalimantan dikatakannya akan mulai memasuki masa peralihan menuju musim kemarau pada bulan Mei dan Juni. Sedangkan untuk puncak kemarau, diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus hingga September.

“Untuk itu, kami akan segera berkoordinasi bersama pihak terkait lainnya dan membentuk tim satgas pencegahan karhutla sebelum memasuki musim kemarau. Kita berharap dengan demikian mampu mencegah terjadinya bencana karhutla seperti pada tahun 2015 silam,” pungkasnya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas