Kalteng Siap Ekspor 10 Ribu Ekor Sapi

  • Bagikan
SIAP EKSPOR -  Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama saat memantau perkembangan peternakan sapi di Kalteng. Istimewa  

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran kembali melakukan upaya peningkatan penanganan perekonomian di wilayah Kalteng. Ditengah situasi pandemi dan juga peningkatan perekonomian, Gubernur Sugianto berupaya melakukan berbagai inovasi sekaligus mendukung terlaksanakan food estate nasional yang ada di Kalteng.

Salah satu upaya, untuk bekerja lebih keras lagi untuk kesejehteraan masyarakat Bumi Tambun Bungai, dengan memantau kondisi daerah untuk upaya penanganan perekonomian.

Gubernur Sugianto menyampaikan, salah satu upaya juga untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di wilayah  Jakarta. Harapannya menjadi awal kerja sama yg baik, antara Kalteng dan Pemerintah Pusat di Jakarta, dimana Ini salah satu bukti nyata program Pemprov Kalteng untuk memperjuangkan kedaulatan pangan dan kemandirian selain  untuk Kalteng,  juga bisa nasional.

“Saat ini kita dihadapkan dengan persoalan yang cukup berat. Kita harus mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan juga harus memastikan ekonomi tetap berjalan. Kami melakukan kunjungan ke wilayah barat dahulu, untuk peningkatan perekonomian, infrastruktur dan lainnya. Salah satunya kesiapan pangan, dimana siap mengekspor sapi ke luar Kalteng, program ini tentu terus dikembangkan dan ditingkatkan selain untuk Kalteng juga  nasional,”ucap Sugianto, saat mengunjungi wilayah Pangkalan Bun, Kobar, Senin (22/2/2021).

Gubernur Sugianto menyebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Pemerintah Pusat memantau peternakan Sapi yang ada di Kabupaten Sukamara, hal itu menjadi daya tarik tersendiri untuk di ekspor.

“Kemarin pemerintah pusat berkunjung ke Kabupaten Sukamara. Pak Menteri juga memantau langsung kondisi peternakan Sapi. Rencananya kita akan ekspor sapi ke Jakarta 10 ribu ekor,”sebutnya.

Sugianto mengatakan, Sapi di Sukamara perdana akan dikrimkan dalam waktu dekat, dimana Kalteng dapat menjadi rujukan daerah lain dalam upaya peternakan Sapi serta pengelolaanya hingga dapat membantu perekonomian nasional.

“Harapannya, dengan adanya ekspor sapi ke Jakarta menandakan Bumi Tambun Bungai ini mampu dalam mengelola peternakan. Kalteng memiliki lahan yang luas dan mampu mengembangkan peternakan, perkebunan, pertanian dan lainya,” katanya.

Gubernur Sugianto berharap juga BUMN dapat melirik dan berinvestasi peternakan di Kalteng, diberbagai bidang yang dikelola oleh masyarakat.

“Kita lihat nanti apakah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ingin berinvestasi dalam program ini. Kami berharap BUMN bisa berinvestasi, untuk kepentingan masyarakat luas. Ini bertambah berkah, Ini anugerah yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa kepada Kalteng dan kita harus kelolanya bersama dengan maksimal dipercaya pemerintah pusat proyek strategis nasional bidang peternakan, pertanian dan lainnya ada di Kalteng,” katanya.

Gubernur mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama bersatu membangun peningkatan perekonomian Kalteng, sehingga daerah Kalteng juga berdampak untuk masyarakat luas.

“Kita harus optimis dan semangat, mari saat ini kita bersama-sama bekerja keras untuk membangun Kalteng lebih Berkah lagi,”tutupnya.ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *