Dewan Minta Pemko Awasi Potensi Sumbatan Drainase

  • Whatsapp
Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Tingginya curah hujan di Kota Palangka Raya belakangan ini, berpotensi menimbulkan adanya genangan air pada sejumlah ruas jalan.

Baik itu di jalan umum maupun kawasan pemukiman perumahan penduduk akibat adanya sumbatan selokan. Kondisi ini tentu mempengaruhi pula aktivitas dan kesehatan masyarakat setempat.

Berkenaan hal tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung menghimbau seluruh masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, dengan turut terlibat membersihkan saluran drainase.

Ia juga meminta kepada pemerintah kota (pemko) Palangka Raya, melalui dinas terkait dapat meningkatkan pengawasan dan pembersihan, terutama pada saluran drainase. Baik itu yang ada di kawasan jalan utama maupun di kawasan pemukiman perumahan penduduk.

 “Saya meminta kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar dapat terus meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Ini tidaklah susah, dan sangat mudah sekali. Dapat dilakukan dengan membersihkan saluran drinase yang ada disekitar tempat tinggal maupun tempat kita bekerja,” ujar Nenie, Minggu (21/2/2021).

Lebih lanjut Ketua DPC PDIP Kota Palangka Raya ini menambahkan, tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini terakhir cukup mempengaruhi sejumlah aktivitas masyarakat. Seperti sulitnya berkendara di tengah ruas jalan yang terendam air dan potensi meningkatnya kerusakan infrastruktur jalan akibat tergenang air.

Bahkan, ada juga sampai air dari saluran drinase meluap hingga masuk ke dalam rumah dan  menimbulkan berbagai kerugian material, terutama pada sejumlah perabotan rumah tangga.

Nenie menyarankan agar pemko melalui dinas terkait untuk dapat meningkatkan pengawasan pada sejumlah saluran drainase yang dinilai berpotensi mengalami kebuntuan atau sumbatan sampah.

“Saya juga mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Pemko Palangka Raya yang secara rutin melakukan upaya pengawasan dan pembersihan pada sejumlah titik saluran drainase tersebut. Dalam hal ini, upaya yang dilakukan hendaknya tidak hanya dari pemerintah daerah setempat, namun partisipasi masyarakat juga menjadi penting. Karena ini sudah menjadi tanggungjawab semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas