KPU Tetapkan Sugianto-Edy Pemenang Pilgub Kalteng

  • Bagikan
PEMENANG PILGUB- Sugianto Sabran didampingi Edy Pratowo memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilgub Kalteng, Jumat (19/2/2021). TABENGAN/LIU

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan pasangan nomor urut 2  H Sugianto Sabran dan H Edy Pratowo sebagai pasangan calon terpilih, pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng 2020.

Rapat pleno terbuka penetapan hasil Pilgub Kalteng yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat (19/2/2021), dijaga ketat aparat keamanan dari Polresta Palangka Raya dan Polda Kalteng.

Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain menyampaikan, setelah menerima surat keputusan secara resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) tertanggal 16 Februari pasca-putusan, menginstruksikan paling lambat 5 hari harus melakukan pleno terbuka penetapan.

“Makanya, hari ini (Jumat) kami melaksanakan rapat pleno penetapan calon terpilih. Kami telah mengundang seluruh pihak yang sesuai dengan ketentuan PKPU harus diundang, paslon, parpol pendukung paslon dan pihak Bawaslu,” kata Harmain.

Namun, hanya paslon nomor urut 2 yang hadir dalam rapat pleno, sementara  paslon nomor urut 1 tidak hadir, sebelumnya sudah dikirim undangan. Tidak ada alasan yang disampaikan ke KPU kenapa tidak hadir. Tapi itu tidak masalah, kewajiban KPU sudah menyampaikan undangan dan siapa yang hadir, tetap melaksanakan rapat pleno penetapan.

Sesuai ketentuan, surat keputusan penetapan paslon terpilih pada hari itu juga diserahkan ke DPRD Provinsi Kalteng yang diterima Wakil Ketua Abdul Razak. Selanjutnya, DPRD yang akan mengurus pelantikan, karena sudah ranahnya di pemerintah. Dengan demikian, tugas KPU sudah selesai dan sekarang tinggal melakukan evaluasi.

Sementara itu, Sugianto Sabran mengungkapkan, tidak ada lagi pasangan calon nomor urut 1 dan nomor urut 2. Yang ada adalah masyarakat Kalteng dan bekerja memenuhi janji politik kepada masyarakat dengan menjalankan visi dan misi.

“Syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hari ini (Jumat) KPU menetapkan paslon nomor urut 2 sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.  Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi Kalteng, Bawaslu, aparat penegak hukum dan seluruh masyarakat Kalteng, pelaksanaan rapat pleno penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dapat berjalan dengan lancar. Semua rangkaian sampai ke penetapan dilalui dengan lancar,” ujar Sugianto.

Masih sebagai petahana, masa bakti bersama Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya baru berakhir Mei nanti menuntaskan tugas pada periode pertama. Selanjutnya usai dilantik nanti akan menjalani pemerintahan pada periode kedua bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Visi misinya tidak banyak berubah dari periode sebelumnya, seperti infrastruktur, pendidikan, pelayanan kesehatan dan perekonomian masyarakat Kalteng, serta food estate ini berkah bagi masyarakat Kalteng dan memperkuat perekonomian masyarakat Kalteng. yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *