RDP BERSAMA DISBUDPARPORA DAN PENGELOLA WISATA-Komisi C Bahas Pengembangan Wisata Air Hitam

  • Bagikan
RDP – Komisi C DPRD Kota Palangka Raya menggelar RDP bersama dengan Disbudparpora Kota Palangka Raya, Kelompok Sadar Wisata, dan Pengelola Kawasan Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Rabu (17/2/2021). TABENGAN/HUMAS

PALANGKA RAYA – Komisi C Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Palangka Raya menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pengelola kawasan wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Rabu (17/2/2021).

Dalam RDP yang digelar di Aula Disbudparpora tersebut, turut dihadiri oleh jajaran dinas terkait, pihak kecamatan dan kelurahan, para pengelola, RT/RW, dan tokoh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan wisata  setempat.

Ketua Komisi C, Beta Syailendra saat ditemui saat dibincangi Tabengan mengatakan, RDP tersebut memfokuskan bagaimana kiat dan program yang dijalankan pemerintah daerah setempat dalam mengembangkan potensi wisata air hitam satu-satunya di Kalteng tersebut. Selain itu, bersama dengan Pokdarwis dan para pengelola kawasan wisata, turut dibahas mengenai program pemasaran, program pengembangan ekonomi kreatif, hingga pengembangan sumber daya pariwisata.

“Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dan kunjungan-kunjungan kerja yang kita lakukan sebelumnya. Kita duduk bersama untuk berdiskusi dan merumuskan program yang tepat guna menigkatkan potensi wisata kita yang sangat unik ini,” ungkap Beta.

Diakui Beta, sejatinya pengembangan kawasan wisata salah satunya adalah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun tak bisa dipungkiri pula, dalam sektor wisata terdiri dari banyak elemen. Dengan meningkatnya potensi wisata, maka diakui Beta akan berdampak pada peningkatan perekonomian lokal bagi masyarakat sekitar. Sebut saja berdampak kepada para pedagang, penyedia jasa hiburan dan kapal susur sungai, hingga layanan lainnya akan turut meningkat.

“Harapan kita juga tentu saja pada peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan perekonomian. Inilah kenapa kami mengundang seluruh pihak terkait agar bersama-sama kita temukan titik terang kemajuan wisata Kota Palangka Raya,” jelas Politisi PAN ini.

Di sisi lain, sejumlah masukan turut diberikan oleh para masyarakat yang hadir. Disebutkan Beta, persoalan mengenai pintu masuk kawasan wisata sampai dengan pengelolaan kebersihan telah didiskusikan bersama-sama. Dimana dalam pengelolaan sampah, dikatakannya ada sedikit miskomunikasi antara pihak petugas dan lapangan sehingga harus dipertegas kembali.

“Tindak lanjut kedepannya, program yang sudah bisa dijalankan maka harus dijalankan. Yang sudah berjalan dengan baik, kita dorong untuk terus dimaksimalkan dan yang masih kurang kita ingatkan untuk terus diperbaiki dan dievaluasi secara berkala,” pungkas Beta. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *