Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp390 M Bangun Infrastruktur Food Estate

  • Bagikan
Bupati Pulpis H Edy Pratowo

PULANG PISAU/TABENGAN.COM- Bupati Pulang Pisau (Pulpis) H Edy Pratowo mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis merasa bersyukur dengan adanya program Food Estate. Sebab, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan Basarang, Kabupaten Kapuas sampai Desa Gedabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulpis segera diatasi melalui program nasional anggaran pemerintah pusat.

“Program nasional itu ada sebesar Rp390 miliar lebih untuk mengatasi masalah infrastruktur jalan dan jembatan. Sekarang sudah mulai berjalan untuk pembangunan itu,” beber Edy, Selasa (16/2/2021).

Dikatakan Edy, selama ini menjadi tugas daerah yang menuju ke daerah-daerah kecamatan dan desa, maka kini dibantu melalui program nasional.

Nanti juga akan ada pembangunan jalan baru untuk memperpendek jarak antara Kecamatan Banama Tingang, Bukit Rawi menuju Kota Pulpis, tanpa harus melalui Kota Palangka Raya, dan tentunya akses untuk menuju ke Food Estate itu akan secara langsung menjadi tembus dan tanpa menganggu akses jalan yang ada sekarang ini.

“Jika nantinya ada jalan baru, maka kita tinggal mengatur tonasenya saja atau mengatur kepentingan penggunaan jalan baru itu. Misalnya untuk mengangkut produksi, industri hasil dan sumber daya alam (SDA) itu bisa melalui jalan baru atau sebaliknya,” terangnya.

Sementara untuk jalan yang ada, kata Edy, hanya digunakan untuk angkutan umum atau jarak tempuhnya yang lebih pendek. Anggaran Rp390 miliar tersebut, lanjut Edy, untuk mendukung program Food Estate dan sepenuhnya untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *