Penetapan Pilgub 5 Hari Usai Putusan MK

  • Bagikan
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain Ibrohim

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Sengketa hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) segera memasuki tahap akhir. Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang akhir terkait Pilgub Kalteng pada Selasa (16/2/2021) pukul 16.00 WIB, dengan agenda pembacaan putusan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain membenarkan, agenda sidang hari ini adalah pembacaan putusan MK terkait dengan gugatan yang diajukan pasangan nomor urut 1 Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar (Ben-Ujang) atas hasil Pilgub Kalteng.

Harmain mengatakan, KPU Kalteng sudah menerima undangan  dari MK pada 11 Februari  2021 No.336.125/PAN.MK/PS/02/2021, perihal pemberitahuan sidang. Berdasarkan PMK  No 8 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PMK No 7 Tahun 2020 tentang Tahapan, Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tanggal 15-16 Februari 2021, sidang MK dengan acara  pengucapan putusan/ketetapan dalam hal terdapat permohonan yang tidak diputus pada putusan akhir.

“Kita masih menunggu apa keputusan MK. Apabila dalam putusan atau ketetapan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, permohonan pemohon ditolak atau ketetapan yang menyatakan pemohon menarik kembali permohonan, MK tidak berwenang mengadili atau permohonan pemohon dinyatakan gugur, maka KPU Kalteng  akan segera menetapkan pasangan calon terpilih,” kata Harmain, Senin (15/2/2021).

Penetapan pasangan calon terpilih pada Pilgub Kalteng, ungkap Harmain, paling lama 5 hari setelah putusan dismissal atau ketetapan dari MK diterima oleh KPU. Sebagaimana dimaksud dalam Peraturan KPU No 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Peraturan  KPU No 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *