Semua Pihak Harus Hormati Putusan MK

  • Bagikan
Dr Jhon Retei Alfri Sandi SSos MSi

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Mahkamah Konstitusi (MK) akan kembali menggelar sidang perselisihan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah 2020 nomor perkara 125/PHP.GUB-XIX/2021, Selasa (16/2/2021) pukul 16.00 WIB, dengan agenda pengucapan putusan.

Jelang sidang putusan ini akademisi dan pengamat politik angkat bicara. Salah satunya, Dr Jhon Retei Alfri Sandi SSos MSi. Bagi dia, ketika MK sudah memutuskan perkara, maka itu sifatnya final dan mengikat. Hasil itulah yang akan ditindaklanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng.

“Sebagai lembaga konstitusi diberikan kewenangan untuk memutuskan akhir dari perkara sengketa Pilkada, keputusan itu harus diterima oleh semua pihak. Jadi, saya kira itu yang paling penting. Artinya, kearifan para pihak untuk bisa menerima keputusan hukum yang dibuat oleh MK,” kata Jhon Retei, Senin (14/2/2021).

Menurut Jhon Retei, apakah keputusannya nanti terkait dengan pembatalan hasil perolehan suara atau menetapkan keputusan lain menurut pandangan MK terhadap perkara terkait dengan sengketa Pilkada yang dilaksanakan di Kalteng, semua pihak harus menghargai dan menghormati keputusan itu.

Ketika MK sudah menjadwalkan untuk memutuskan sidang sengketa Pilkada Kalteng, mungkin majelis memandang perkara terkait sudah bisa ditetapkan atau diputuskan berdasarkan data dan fakta yang dimiliki. Sistem peradilan terkait dengan Pilkada, khususnya terkait dengan selisih hasil perolehan suara, MK diberikan kewenangan oleh UU untuk mengadili itu.

Kemudian, lanjutnya, MK sudah melakukan proses dan mengevaluasi terkait dengan perkara perselisihan hasil Pilkada dan kemudian menetapkan satu keputusan. Seharusnya keputusan itulah yang dipatuhi oleh semua pihak. Apakah kemudian nanti keputusan itu mengabulkan atau menolak gugatan,  keputusan MK menjadi penting dan harus dihormati semua pihak. yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *