Vaksinasi Nakes Capai 73,21 Persen

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 gelombang I di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah mencapai 73,21 persen sebanyak 17.060 orang. Sementara untuk gelombang II mencapai 11,65 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul menyampaikan, jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terdaftar sebanyak 19.927 orang, tapi karena banyak nakes yang belum terdaftar sebelumnya, saat ini sasaran naik jumlahnya menjadi 22.194 orang.

“Tapi, sebenarnya kalau kami masukkan yang batal dan ditunda, capaiannya sudah 85,60 persen. Yang batal dan ditunda 12,60 persen karena ada yang hamil, menyusui, tekanan darah tinggi, pernah positif dan lain-lain,” kata Suyuti, Jumat (12/2).

Dinkes Kalteng optimis semua nakes akan divaksinasi. Untuk itu, setiap saat Suyuti mendorong Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk mempercepat cakupan imunisasi. Namun, memang tidak mungkin cakupannya mencapai 100 persen, ada yang harus ditunda maupun batal karena berbagai sebab.

Untuk capaian vaksinasi nakes di Kalteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) persentasenya tertinggi 105,39 persen dan terendah di Barito Utara (Barut)  47,89 persen. Targetnya pada akhir Februari vaksinasi untuk nakes di Kalteng sudah selesai semuanya.

Kalteng menerima vaksin Covid-19 tahap pertama sebanyak 14.680 vial. Tahap kedua sebanyak 27.000 vial, sehingga jumlah vaksin yang sudah diterima sebanyak 41.680 vial dan sudah distribusikan ke masing-masing daerah selanjutnya disuntikkan kepada nakes. Setiap orang mendapatkan 2 suntikan dengan jeda waktu 14 hari.

Sesuai dengan arahan dari Kemenkes RI, vaksinasi tahap kedua diberikan kepada TNI dan Polri dan akan dilaksanakan pada akhir Februari. Hingga saat ini fokus menyelesaikan vaksinasi tahap pertama untuk nakes di 14 kabupaten/kota. yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *