Dewan Minta RT-RW hingga Lurah Berperan Aktif

  • Whatsapp
Ketua Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya Riduanto
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM  – DPRD Kota Palangka Raya berharap adanya Program Kelurahan Tangguh Bencana (KTB) mampu memberikan pengawasan yang lebih ketat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) di wilayah setempat.

            Karena itu, Anggota DPRD Palangka Raya Riduanto meminta Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) hingga lurah bisa berperan aktif untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Besar harapan saya agar para RT, RW dan lurah bisa benar-benar berperan aktif dalam rangka mencegah terjadinya sebaran Covid-19 di sekitar wilayah yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing,” katanya, pekan kemarin.

Menurutnya, upaya pencegahan Covid-19 tidak hanya terpusat pada Satuan Tugas Covid-19 Palangka Raya saja. Melainkan juga menjadi tanggung jawab camat, lurah dan RT/RW yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah.

“Peresmian Kelurahan Tangguh Bencana ini sangat bagus dan kami selaku legislator menyambut baik program ini, sebab bisa menjadi salah satu alternatif dalam pencegahan dini penyebaran masalah Covid-19,” tambahnya.

Politisi PDIP itu menambahkan, apabila Program KTB diberlakukan maka masyarakat disarankan juga ikut berpartisipasi menyukseskan tujuan pemerintah selama ini.

RT,RW, dan lurah tanpa ada bantuan warga, tentu sangat sulit untuk menerapkan hal tersebut. Maka dari itu diperlukan kolaborasi dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di pemukiman.

“Persoalan wabah ini apabila diatasi bersama, baik itu masyarakat, instansi terkait serta para pemangku kepentingan, tentu bisa diatasi dengan baik pula. Kalau diatasi sendiri, tentu terlalu sulit dilakukan,” pungkasnya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas