Musim Hujan, Masyarakat Diingatkan Bahaya DBD

  • Bagikan
Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Anna Agustina Elsye

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Anna Agustina Elsye menghimbau masyarakat kota setempat agar selalu waspada setiap memasuki tahap musim penghujan. Pasalnya, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sering kali muncul pada saat musim tersebut.

“Untuk terbebas dari penularan perlu adanya pencegahan, jika berharap kepada pemerintah saja tidak cukup. Sebaliknya perlu adanya kesadaran langsung dari masyarakat,” tuturnya, beberapa waktu yang lalu.

Untuk mendukung langkah pencegahan, lanjut Anna, bisa dimulai dengan menjalankan program 3M yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air kemudian mengubur barang-barang bekas yang terdapat dilingkungan tempat tinggal.

“Dampak DBD ini sangat kompleks menyangkut kesemua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi sektor. Baik itu peran pemerintah, swasta, serta masyarakat. Karena hingga sampai saat ini belum ada vaksin dan pengobatan yang spesifik untuk dapat mengatasi penyakit tersebut,” ungkapnya.

Menurut legislator Partai Gerindra ini, perlu adanya peningkatan pencegahan demi meminimalisir terjadinnya kasus DBD di Kota Palangka Raya sedini mungkin. Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) beserta Dinas Kesehatan (Dinkes) juga dikataannya telah menjalankan program Juru pemantau jentik (Jumantik) atau gerakan satu rumah satu jumantik.

 “Terpenting, jangan menungu terjangkit baru sadar betapa bahayanya DBD tersebut. Mulailah melakukan pencegahan sebelum terjangkit. Ingat lakukan dan terapkan selalu 3M mulai dari sekarang,” kata Anna.rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *